google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Koramil 416-03/Sungai Bengkal Patroli di Kawasan Rawan Karhutla

Advertisement


Koramil 416-03/Sungai Bengkal Patroli di Kawasan Rawan Karhutla

Rabu, 13 Februari 2019


PORTALTEBO.id – Babinsa Desa Bangun Saranten Koramil 416-03/Sungai Bengkal melakukan patroli bersama Petugas Damkar dan warga Desa Bangun Saranten Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo di daerah hutan atau lahan yang rawan terjadi kebakaran.

Danramil 416-03/Sungai Bengkal, Kapten Inf Sulasa Hadi mengatakan, patroli ini merupakan kegiatan rutin kita bersama tim gabungan dalam rangka untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Koramil 416-03/Sungai Bengkal.

“Patroli yang kita lakukan, merupakan tugas rutin dari Babinsa dalam mengawasi setiap wilayah binaannya masing-masing. Dalam kesempatan yang dilakukan, kita juga menghimbau supaya warga Kecamatan Tabir untuk bersama-sama peduli dengan kahutla,” ujar Kapten Inf Sulasa Hadi.

Sebut Danramil, setiap orang dengam sengaka melakukan pembakaran saat membuka lahan akan dikenakan sanksi pidana dan denda yang sangat berat.

“Untuk itu himbauan yang disampaikan silahkan berkebun dan membuka lahan-lahan baru tetapi tidak dengan cara membakar karena memang dilarang oleh pemerintah dan yang melakukan disengaja atau tidak di sengaja akan dikenakan sanksi pidana,” ujar Kapten Inf Sulasa Hadi.

Kata Danramil, patroli dilakukan secara terus menerus bersama-sama aparat terkait dan warga binaan. Pada kegiatan patroli, untuk sementara ini wilayah Desa Bangun Saranten kemungkinan kecil terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Perintah untuk melaksanakan patroli ke setiap wilayah terkait Karhutla sudah dilakukan setiap hari. Bahkan Babinsa sebagai petugas terdepan wajib melaporkan terkait adanya titik api di Desa binaannya kepada Danramil,” katanya.

Bahkan kata Danramil, pihaknya juga sangat bersyukur, hingga saat ini di wilayah Kecamatan Muara Tabir belum ditemukan adanya titik api.

“Kendati demikian, kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mempertahan kondisi ini. Jangan ada lagi yang melakukan pembakaran lahan,”ujarnya. (zek/red)