Kreatif, Petugas Taman Ini Membuat Pohon Hias Lebih Indah

Advertisement

Kreatif, Petugas Taman Ini Membuat Pohon Hias Lebih Indah

Portal
Selasa, 26 Februari 2019


Jika anda mengunjungi beberapa taman Kota Tebo, anda akan melihat tanaman hias atau pohon rindang yang memiliki bentuk tajuk indah bulat dan bertingkat-tingkat. Pohon ini bernama Ketapang kencana. Lalu, siapa pemilik tangan kreatif yang menata pohon ini menjadi lebih indah.

SYAHRIAL - PORTALTEBO.id

Jeky salah seorang petugas taman di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tebo bersama rombongan sesama petugas taman tampak sibuk menata pohon Ketapang Kencana di Taman Simpang Limo, Kota Tebo.

Pohon yang beberapa tahun lalu sengaja ditanam di taman tersebut, kini tampak tumbuh subur bahkan tampak sangat indah.



Ditangan kreatif Jeky bersama rombongan, pohon hias tersebut ditata dan terlihat lebih indah dan sedikit unik. Pasalnya, pohon yang memiliki ranting bertingkat ini, rantingnya dibentuk menjadi bulan.

Saat disambangi PORTALTEBO.id Selasa (26/02/2019), Jeky menuturkan jika untuk membentuk ranting pohon menjadi bulat, dia bersama rombongan mengunakan kawat pengikat khusus untuk tanaman.

Ranting pohon yang awalnya tumbuh tidak beraturan, ditata dan diikat dengan kawat. Alhasil, ranting pohon yang selama ini tumbuh tidak beraturan, tertata menyerupai lingkaran daun.

Dengan ketinggian pohon ketapang saat ini, Jeky beserta rombongan mampu membentuk ranting pohon tersebut sampai 15 batang pohon per hari. “Ndak rumit kok bang kerjanya. Ranting pohon dibentuk lingkaran kemudian diikat pakai kawat, “jelas Jeky.

“Saya sendiri saja bisa menyelesaikan sampai 5 pohon sehari, apalagi kalau dikerjakan rame-rame, untuk menata pohon satu taman paling menghabiskan waktu setengah hari, “jelas dia lagi.

Dikatakan Jeky, penataan pohon hias tersebut dilakukan atas intruksi DLH Tebo. Dia bersama rombongan ditantang untuk menata taman di Kota Tebo agar terlihat lebih indah, termasuk menata pohon Ketapang Kencana. “Membentuk atau menata pohon kencana menjadi bulat seperti ini adalah inisiatif saya dan kawan-kawan, “ujarnya.

Meski tidak terlalu sulit untuk menata pohon kencana menjadi lebih indah dan unik, Jeky minta kepada pengunjung taman agar selalu menjaga tanaman atau pohon di taman untuk tidak dirusak. “Menatanya memang ndak rumit. Tapi kalau yang sudah ditata kita jaga sama-sama, saya optimistis kedepannya pohon ini akan tampak lebih indah, “pungkasnya.

Diketahui, pohon Ketapang Kencana merupakan jenis tanaman pelindung atau perdu. Tanaman ini berguna untuk menyerap polusi, maka seringkali ditanam di daerah yang memiliki tingkat polutan yang tinggi seperti area jalan-jalan raya dan taman.

Pohon ketapang kencana memiliki ciri-ciri yakni, berkembang biak dengan biji, memiliki batang utama yang tegak lurus dan jarang bercabang. Karakteristik lainnya dari tanaman ini terletak dari daunnya yang berwarna hijau kecil lembut dan rapat dengan pertumbuhan tanaman yang bisa mencapai hingga 10 meter. Dan tak kalah pentingnya, tanaman ini tahan terhadap paparan sinar matahari yang terik. |™|