Krearif, Siswa SD 149 Tebo Membatik Pakai Sisa Pewarna Kain Batik

Advertisement

Krearif, Siswa SD 149 Tebo Membatik Pakai Sisa Pewarna Kain Batik

Kamis, 21 Februari 2019


PORTALTEBO.id - Sekitar 10 orang siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) No. 149/VIII Muara Tebo, tampak asik mengelola barang bekas atau sampah menjadi barang pajangan yang bernilai ekonomi. Ini terlihat saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang digelar di halaman Mako Polres Tebo, Kamis (21/02/2019).

Yang menariknya, di tangan siswa krearif berseragam pramuka ini, kain bermotif batik yang dibuat sangat sederhana diwarnai dengan sisa pewarna kain batik atau residu. “Ini kami adalah generasi Melenial Peduli Sampah dari SDN 149 Muara Tabo,”kata Kepala SDN 149 Muara Tebo, Nuraini dihadapan Wakil Bupati Tebo, Syahlan Arfan dan Kapoles Tebo AKBP Zainal Arrahman beserta jajarannya.

Kata Nuraini, kerajinan mewarnai motif batik dengan residu atau sisa pewarna kain batik ini telah dilakukan sejak tahun 2015 lalu. “Awalnya hanya sekedar coba-coba, sekarang siswa saya sudah bisa membatik pakai sisa pewarna kain batik, “ujar Nuraini sambil mengatakan jika hasil batik siswanya tersebut diolah kembali menjadi barang kreatif layak pajang.

“Setelah kainya selesai dibatik, kemudian kita olah lagi untuk dijadikan kipas, Pas bunga, mainan kunci dan sebagainya, “kata dia.

Selain memanfaatkan siswa pewarna kain batik, ujar Nuraini, siswanya juga mengelola barang sisi dosmetik seperti botol bekas, koran bekas, kain perca dan lainnya menjadi kerajinan. “Alhamdulillah, atas kreatifitas siswa dan guru, sekolah kami tahun 2019 ini mewakili Provinsi Jambi ikut lomba sekolah sehat tingkat nasional, “katanya.

Kreatifitas siswa SDN 149 Muara Tebo ini direspon positif oleh Wakil Bupati Tebo, Syahlan Arfan. Bahkan, Wabup berencana akan membantu sejumlah pakaian untuk dijadikan batik dan nantinya akan pakai oleh siswa maupun guru.

“Tadi Wabup Syahlan berencana akan membatu sejumlah pakaian. Nanti pakaian ini dibatik oleh siswa dan dipakai oleh siswa itu sendiri untuk sekolah,”ujar Kapolres Tebo, AKBP Zainal Arrahman usai melihat langsung proses siswa SDN 149 Muara Tebo membatik.

“Kalau itu sukses akan dibuat regulasinya sehingga siswa di sekolah itu memakai pakaian batik hasil kreasi mereka sendiri,”kata Kapolres.

Diketahui, hari ini Polri merayakan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 serentak se Indonesia, termasuk wilayah Kabupaten Tebo yang digelar di halaman Mako Polres Tebo. (red)