google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Meski Punya Ribuan Koleksi Buku, Perpustakaan Tebo Sepi Pengunjung, Ini Penyebabnya

Advertisement


Meski Punya Ribuan Koleksi Buku, Perpustakaan Tebo Sepi Pengunjung, Ini Penyebabnya

Selasa, 26 Februari 2019


PORTALTEBO.id - Perpustakaan Kabupaten Tebo yang berada di dekata Taman Tanggo Rajo, Kelurahan Pasar Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah, saat ini telah memiliki koleksi sebanyak 10.999 buku yang terdiri dari 4.685 judul.

Sayangnya, kurangnya minat baca masyarakat membuat perpustakaan tersebut terlihat sepi pengunjung. Hal ini terbukti pada Selasa (26/02/2019), saat PORTALTEBO.id menghampiri perpustakaan tersebut. Tidak terlihat ada pengunjung di dalamnya, yang tampak hanya beberapa orang  pengawai.


Salah seorang pegawai perpustakaan, Wahyu ditemui PORTALTEBO.id menjelaskan bahwa, salah satu penyebab sepinya pengunjung perpustakaan dikarenakan kurangnya atau rendahnya minat baca masyarakat.

Padahal, kata dia, koleksi buku bacaan di perpustakaan lumayan lengkap. “Bagi masyarakat yang meminjam buku tidak dikenakan biaya, bahkan pengunjung kita buatkan kartu anggota perpustakaan. Tapi karena minat baca masyarakat masih rendah, pengunjung perpustakaan sepi, “kata Wahyu.

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, kata Wahyu, saat ini pihaknya tengah merancang program perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling ini nantinya akan berkunjung ke sekolah-sekolah. Minimal 2 kali dalam seminggu. Mudah-mudahan dengan program ini mampu meningkatkan minat baca masyarakat khusunya pelajar, “tutupnya. (P01/rio)