Anggota Koramil 08/Danau Teluk Gelar Anjangsana ke Kantor UPTD Pertanian

Advertisement

Anggota Koramil 08/Danau Teluk Gelar Anjangsana ke Kantor UPTD Pertanian

Sabtu, 09 Maret 2019


PORTALTEBO.id - Bamin Bhakti TNI Koramil 08/Danau Teluk Jajaran Kodim 0415/Batanghari, Serma Juned didampingi oleh Babinsa Kel. Olak Kemang Serda Syamsuri gelar anjangsana ke kantor UPTD Pertanian Kec. Danau Teluk, Sabtu (9/3/2019).

Anjangsana ini dilakukan dalam rangka melaksanakan koordinasi dengan PPL untuk peningkatan upaya pendampingan Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan.

Kedatangan aparat Koramil tersebut dilakukan untuk mempererat hubungan antara keduanya agar silaturrahmi dan sinergi ini tetap terjalin erat didalam melakukan pendampingan kepada para petani. Selain itu, tujuannya untuk mensukseskan program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Pada kesempatan itu juga membahas tentang upaya - upaya yang akan dilakukan guna memaksimalkan pendampingan terhadap para petani agar mencapai hasil tanam yang maksimal.

Peran keduaya menjadi sangat penting, karena dengan adanya Sinergitas dan kerjasama yang baik dalam memberikan pendampingan kepada para petani yang maksimal, maka sudah barang tentu hasil panen (padi) diharapkan dapat meningkat dan memuaskan.

Untuk diketahui, saa ini curah hujan masih tinggi sehingga air sungai Batanghari meluap dan mengenangi hampir seluruh sawah petani. Akibatnya, petani di wilayah Koramil 415-08/Danau Teluk tidak dapat beraktifitas untuk turun ke sawah.

Bamin Bhakti TNI Koramil, Serma Juned berharap Babinsa dan PPL tetaplah memberikan andil untuk melaksanakan penyuluhan. Selain itu, dia himbau agar para petani tau apa yang harus dilakukan ditengah kondisi itu.

"Ada beberapa hal yang dapat dilakukan disaat curah hujan masih tinggi, seperti memanfaatkan lahan kosong yang tidak digenangi air dengan tanaman holtikultura, sehingga pemanfaatan lahan - lahan kosong ini dapat dimaksimalkan", ujar Serma Juned.

Pada kesempatan yang sama, Babinsa Kel. Olak Kemang Serda Syamsuri juga menyampaikan bahwa, walaupun saat ini curah hujan masih tinggi, sawah banyak yang terendam, namun dalam rangka mendukung program swasembada pangan, kita tidak boleh menyerah tetap harus semangat dan sebagai motivator kepada para petani untuk menjadi contoh dalam menyukseskan program pajale khususnya tentang tanaman padi maupun jagung.

Untuk mendukung program tersebut agar mencapai target, dirinya akan selalu memberikan pendampingan, baik secara teori maupun praktek langsung agar program swasembada pangan dapat tercapai dan sukses.

Babinsa Serda Syamsuri berharap kedepannya para petani saat menanam padi maupun jagung secara serentak bersama- sama, dan selalu yang terpenting monitor prediksi cuaca dari BMKG atau bimbingan dari PPL saat kapan kita harus tanam padi, “Ini dilakukan dengan harapan hasil produksi maupun produktivitasnya lebih baik dan dapat membawa keuntungan bagi para petani, ujar Serda Syamsuri. (penrem042gapu)