google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Babinsa Serka Zarkisman Bantu Petani Semprot Hama Tanaman Padi

Advertisement


Babinsa Serka Zarkisman Bantu Petani Semprot Hama Tanaman Padi

Selasa, 19 Maret 2019


PORTALTEBO.id - Bapak Ismail Marzuki (41) Anggota Kelompok Tani Rimbo Pulai Kelurahan Sungai Bengkal Kec.Tebo Ilir Kab.Tebo mengaku senang dengan adanya Babinsa Kodim 0416/Bungo Tebo, koramil 416-03/Sungai Bengkal yang turun ke sawah membantu petani.

Dia adalah Serka Zarkisman Babinsa Ramil 416-03/Sungai Bengkal. Hari ini, Selasa (19/03/2019), dia turun langsung membantu penyemprotan hama tanaman padi petani.


Disela itu, Serka Zarkisman menyarankan kepada petani bahwa waktu yang tepat untuk melakukan penyemprotan adalah pada pagi hari mulai pukul 09.00 Wib, dan sore jam 15.30 Wib. “Karna saat itulah mulut daun tanaman Padi mulai terbuka,”kata Babinsa Serka Zarkisman.

Diakui Babinsa, tips penyemprotan hama padi tersebut diketahuinya dari membaca artikle tentang perawatan tanaman padi di Google. Dalam artikle tersebut menerangkan bahwa waktu yang efektif untuk menyemprot hama padi pada pukul 09.00 Wib pagi dan sore pukul 15.30 Wib.

“Pada waktu itu (pagi dan sore) cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman padi hingga masuk ke dalam lapisan jaringan. Hama yang menyerang tanaman padi akan dapat segera mati ketika mencoba memakan bagian tanaman,” kata dia.

“Jadi penyemprotan hama padi memerlukan tehnik-tehnik khusus dan benar agar mendapatkan hasil yang baik dalam mengendalikan serangan hama dan penyakit, serta untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman padi,”kata Babinsa lagi.

Danramil 416-03/Sungai Bengkal, Kapten Inf Sulasa Hadi membenarkan kegiatan Babinsa Serka Zarkisman di desa binaan.

Danramil mengatakan bahwa salah satu tupoksi Babinsa di desa adalah mendampingi dan membantu mengatasi segala kendala-kendala yang dihadapi oleh petani di lapangan.

Tidak itu saja, kata Danramil, keberadaan Babinsa harus bisa membantu menyalurkan aspirasi para petani ke pihak terkait untuk mencari solusi atas permasalahan atau keluhan petani.

Sebagai seorang Babinsa, jelas Danramil, Serka Zarkisman setiap harinya selalu berkeliling di wilayah binaan. Hal itu dilakukannya setelah melaksanakan kwajibanya apel pagi di Makoramil 416-03/Sungai Bengkal.

“Selain bertujuan untuk memastikan bahwa situasi dan kondisi wilayahnya aman, Serka Zarkisman juga selalu menyempatkan diri untuk melihat langsung kondisi pertanian di wilayahnya. Mudah-mudahan ini diikuti oleh Babinsa lainnya, “kata Danramil. (red)