google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Danrem Elphis: Cegah Karhutla Dengan Deteksi dan Cegah Dini Serta

Advertisement

Danrem Elphis: Cegah Karhutla Dengan Deteksi dan Cegah Dini Serta

Sabtu, 16 Maret 2019


PORTALTEBO.id - Danrem 042/Garuda Putih Kolonel Arh Elphis Rudi menilai potensi bencana alam di Jambi ada tiga macam, yakni karhutla (kebakaran hutan dan lahan), banjir dan gunung merapi.

Hanya saja, sambungnya, potensi yang terbesar terjadi pada bencana karhutla, pasalnya pada tahun 2015 lalu kerugian akibat karhutla di Provinsi Jambi mencapai Rp3 triliun.

“Agar pencegahan karhutla menjadi maksimal diperlukan strategi deteksi dini dan cegah dini. Salah satunya dengan memanfaatkan drone,” tegasnya, Sabtu (16/3/2019).

Menurutnya, sosialisasi terpadu sangat efektif dan penegakan hukum akan lebih efektif. “Dengan adanya drone akan membuat jajaran korem all out dalam pencegahan dini bencana di Provinsi Jambi,” ujarnya di Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Daerah se-Provinsi Jambi.

Kelemahan ini yang akan ditutupi Danrem, pasalnya tim patroli dari TNI, Polri yang terbatas karena luasnya areal terjadinya karhutla.

“Kelemahan lainnya ada pada pencegahan dini, rendahnya kesadaran masyarakat dan penegakan hukum masih lemah,” sebut Elphis. (red/jambi.kabardaerah.com)