Di TPAS Rimbo Bujang Ditemukan Kantong Bekas Transfusi Darah

Advertisement

Di TPAS Rimbo Bujang Ditemukan Kantong Bekas Transfusi Darah

Kamis, 07 Maret 2019


PORTALTEBO.id - Kantong bekas transfusi darah ditemukan di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Kecamatan Rimbo Bujang, Kamis (07/03/2019).

Kontong lengkap dengan selang dan sisa darah ini ditemukan oleh anggota Lembaga Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH) Kabupaten Tebo, Faisal.

Pada keterangan kantong tertera tanggal dan keterangan golongan darah yang di tulis tangan. Diduga kontong tersebut baru saja dibuang ke TPAS tersebut.

“Tadi pas kita observasi ke sana (TPAS), kita menemukan bekas kantong darah dan plastik infus,” kata Faisal.

Faisal mengaku jika hasil observasi atau temuan bekas kantong transfusi darah tersebut telah dilaporkan ke Ketua DPD LP2LH Tebo. “Tadi laporan dan fotonya sudah saya kirim ke Ketua. Kalo mau lebih jelas silahkan hubungi Ketua,” ujarnya.

Temuan limbah medis ini dibenarkan oleh Ketua DPD LP2LH Tebo, Hary Irawan.” Iya tadi ada laporan dari anggota kita. Dia menemukan bekas kantong darah di TPAS Rimbo Bujang, “aku Wawan sapaan Hary Irawan.

Atas temuan ini, Wawan mengaku gerah. Pasalnya, kata dia, dari hasil observasi LP2LH hampir disetiap TPAS yang ditemukan limbah medis, “Ini terkesan disengaja atau ada pembiaran dari intansi terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan Tebo sebagai pengawas limbah di setiap fasilitas kesehatan di Kabupaten Tebo, “kata dia lagi.

“Hasil observasi ini secepatnya akan saya laporkan ke aparat penegak hukum. Kita minta kepada aparat penegak hukum segera menyelidiki hasil temuan ini, “pungkasnya. (red)