google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Kodim 0416/Bute Selenggarakan Latihan Teknis Teritorial 2019

Advertisement


Kodim 0416/Bute Selenggarakan Latihan Teknis Teritorial 2019

Jumat, 15 Maret 2019


PORTALTEBO.id - Kodim 0416/Bute, Jumat pagi (15/03/2019), menyelenggarakan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) di Aula Makodim 0416/Bungo Tebo (Bute).

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Dandim 0416/ Letkol Inf Wahyu Hadi Soenaryo, S.Sos, M.M.

Sebanyak 200 orang prajurit terdiri dari 160 orang pelaku dan 40 orang pendukung Babinsa Koramil, akan mengikuti pelatihan ini selama 5 hari kedepan, mulai tanggal 11-15 Maret 2019 di Aula Kodim 0416/Bute.


Dalam arahannya, Letkol Inf Wahyu Hadi Soenaryo mengatakan bahwa, Latnister ini untuk memelihara dan meningkatkan penguasaan dan keterampilan prajurit kewilayahan. Tujuannya agar prajurit memiliki kecakapan dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial baik secara perorangan maupun dalam hubungan kelompok.

“Latnister ini penting untuk prajurit kewilayahan untuk di tuntut profesional dalam tugas sehari- hari. marilah kita jadikan latnister ini untuk menyatukan tekat dan komitmen dalam rangka menyiapkan prajurit yang profesional,” kata Dandim 0416/Bute.


Lebih lanjut, Dandim menyampaikan, Latnister merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan dan didayagunakan untuk mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan Negara.


Selain itu, Latnister bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan serta keterampilan tehnis satuan kewilayahan dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan,”Ini juga bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada para Babinsa agar dapat melaksanakan tugas di lapangan dengan baik," tutur Dandim.

" Untuk mendukung suksesnya Pembinaan Teritorial (Binter) prajurit juga harus memahami sikap teritorial meliputi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dengan metode Binter dengan Bakti TNI, Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) dan Komunikasi Sosial (Komsos), " tegas Dandim.

Tak lupa Dandim mengingatkan TNI harus netral dan tidak boleh memihak pada Pemilu tahun 2019 ini, “Tugas kita hanya mengamankan jalannya Pemilu agar berjalan dengan aman dan lancar,”pungkas Dandim. (red)