Pelatihan Belajar Menulis Isu Lingkungan Hidup Resmi Dibuka, Ini Materi Pertama Yang Beberkan

Advertisement

Pelatihan Belajar Menulis Isu Lingkungan Hidup Resmi Dibuka, Ini Materi Pertama Yang Beberkan

Sabtu, 16 Maret 2019


PORTALTEBO.id - Pelatihan Belajar Menulis Isu Lingkungan Hidup, Sabtu pagi (16/03/2019) resmi dibuka oleh Ketua Dewan Pengurus Pusat Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH), Tri Joko Purwanto di Wisata Alam Desaku, RT 07, Desa Pudak, Kecamatan Kumpe Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Kegiatan yang direncanakan digelar selama tiga hari kedepan ini, materi pertama langsung disampaikan oleh Ketua DPP LP2LH usai membuka pelatih tersebut.

Materi yang disampaikan berupa pengenalan bahasa lingkungan, program media serta nama-nama perangkat yang sering digunakan dalam melakukan observasi.

Tidak itu saja, pada sesi ini, Tri Joko Purwanto juga menjelaskan seperti apa strategi pengambilan data dan dokumen saat turun ke lapangan.

Untuk program media, jelas Joko sapaan Ketua DPP LP2LH membeberkan bahwa yang sering digunakan adalah Cam Scener, Avanza Map, Open Camera, dan Gogle Arth. “Untuk program media ini semuanya bisa diaplikasikan mengunakan HP Android,” kata Joko sambil menjelaskan cara menggunakan setiap progam media tersebut.

Selain itu, Joko juga menjelaskan alat survei yang standar digunakan saat di lapangan diantaranya, Drone, GPS, Kompas dan UAV. “Keempat alat ini juga sangat penting saat melakukan survei lapangan, “tegas dia.

Pantauan PORTALTEBO.id, Pelatihan Belajar Menulis Isu Lingkungan Hidup ini terlihat santai namun serius. Tampak peserta fokus mendengarkan materi pelatihan yang disampaikan oleh permateri.

“Setelah pengenalan bahasa lingkungan, program media serta nama-nama perangkat yang sering digunakan dalam melakukan observasi, materi selanjutnya adalah cara penulisan isu lingkungan hidup yang disampaikan oleh Kabiro Jambi Majalah Gatra, Jogi Sirait,” kata Panitia Pelaksana.

Diketahui pelatihan ini merupakan kerja sama antara LP2LH dengan Gatra Biro Jambi, media online Dinamis.com, PORTALTEBO.id, detail.id, Dinamisnews.com dan Wisata Alam Desaku. (red)