Terendam Banjir, Siswa SDN 71 Embacang Gedang Terpaksa Diliburkan

Advertisement

Terendam Banjir, Siswa SDN 71 Embacang Gedang Terpaksa Diliburkan

Sabtu, 02 Maret 2019


PORTALTEBO.id - Siswa SDN 71 Embacang Gedang, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, terpaksa diliburkan oleh pihak sekolah. Pasalnya, dari Jumat sore kemarin (01/03/2019) sekolah tersebut terendam air dari luapan sungai Batang Tabir.

Salah seorang guru SDN 71 Embacang Gedang, Ibnu Rohmadi dikonfirmasi PORTALTEBO.id mengatakan jika ketinggian air sekitar 1 meter atau setinggi paha orang dewasa.

“Ketinggian air rata-rata setengah betis orang dewasa tapi untuk di halaman sekokah, airnya setinggi paha orang dewasa,” kata Ibnu Rohmadi, Sabtu (02/03/2019).

Saat ini, kata dia, siswa di sekolah tersebut terpaksa diliburkan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. “Untuk sementara siswa diliburkan sampai airnya surut. Sampai kapan libur, tidak bisa dipastikan, “kata dia.

Menurut Ibnu, jika air yang merendam sekolah adalah banjir kiriman. Air diperkirakan akan surut sekitar dua atau tiga hari kedepan.

“Tapi jika masih turun hujan di sekitaran Muara Tabir atau daerah hulu, kemungkinan airnya rerus bertahan bahkan bisa naik lagi, “kata dia.

Ibnu mengungkapkan jika setiap tahun disaat musim banjir, SDN 71 Embacang Gedang selalu terendam air. Untuk mengatasi masalah ini, dia berharap adanya pengurangan aktivitas yang menyebabkan pendangkalan aliran sungai.

Agar tidak terjadi kembali luapan air disaat musim hujan, Ibnu berharap kepada pemerintah ataupun intansi terkait agar melakukan pengerukan sungai.

“Kasihan sama warga di sini. Tidak bisa beraktivitas karena banjir. Terlebih anak sekolah yang sebentar lagi akan melaksanakan ujian akhir sekolah, “pungkasnya. (red)