google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Tim Gabungan Lacak Jejak Harimau di Rimbo Bujang

Advertisement


Tim Gabungan Lacak Jejak Harimau di Rimbo Bujang

Senin, 04 Maret 2019


PORTALTEBO.id - Tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, melacak keberadaan diduga harimau yang menghebohkan warga Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Jambi.

Tim gabungan yang berjumlah 4 orang dan dibantu saksi mata serta masyarakat sekitar, menemukan beberapa jejak telapak kaki hewan di kebun milik Darmo Suyatno, Jln. Jendral Sudirman RT/RW. 02/11 Kelurahan Wirotho Agung, Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Minggu (03/03).

Namun tim belum bisa memastikan apakah jejak tersebut bekas telapak kaki harimau atau binatang lainnya. Untuk memastikan itu, pihak BKSDA Jambi akan mengkaji temuan tersebut di Jambi.

Bila jejak kaki yang ditemukan adalah benar bekas telapak kaki harimau, pihak BKSDA akan menurunkan tim kembali untuk melakukan evakuasi.

“Minggu kemarin kita sudah turun ke lokasi untuk melacak keberadaan harimau. Kita menemukan sejumlah jejak kaki hewan, tapi belum bisa dipastikan apakah itu jejak telapak kaki harimau atau bukan, “kata Bhabinkamtibmas Polsek Rimbo Bujang, Aipda Syamsul, Senin (04/03).

“Jika yang ditemukan itu benar jejak harimau, tim BKSDA akan kembali turun membawa perangkap untuk menangkap harimau itu, “kata dia lagi.

Aipda Syamsul mengatakan, temuan itu berawal dari informasi warga yang menyatakan melihat harimau berkeliaran di lokasi kebun beberapa waktu lalu. Bahkan informasi tersebut beredar di media sosial facebook dan sempat menjadi viral.

Aipda Syamsul berkata, dari keterangan saksi mata, Imam Nugroho. Dia mengaku melihat harimau berkeliaran pada Selasa (26/02) di kebun belakang rumahnya yang berjarak sekitar 200 meter. Kemudian harimau tersebut lari ke belukar.

Keesokan harinya Rabu (27/02). Warga yang lain, Darmo Suyatno juga melihat harimau tersebut melintas di kebun yang berjarak sekitar 300 meter dari belakang rumah dia.

Saat terlihat, hewan buas yang dilindungi ini sempat berhenti dan kemudian lari melintas dihadapan Darmo Suyatno.

“Kita akan terus melakukan antisipasi jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. Kita juga menghimbau kepada warga agar mengurangi aktivitas di luar rumah, “kata Aipda Syamsul.

Sebelumnya, warga Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi diresahkan dengan kemunculan beberapa ekor Harimau di kebun karet milik warga RT.02 RW.11 Jalan Jenderal Sudirnan Kelurahan Wirotho Agung, Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo – Jambi.

Lurah Wirotho Agung Siti Patimah, bersama tim saat mengecek kelapangan menemukan bekas telapak kaki diduga jejak harimau.

Atas temuan itu, Lurah langsung membuat laporan melalui surat resmi yang ditujukan kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tebo.

Lurah minta agar pihak BPBD turun kelokasi menindak lanjuti temuan jejak tersebut agar keresahan warga dapat dinetralisir.

Laporan dari Lurah ini langsung diteruskan oleh BPBD Tebo ke BKSDA Jambi. (red)