TPAS Rimbo Bujang, Pemulung: Kalo Sampah Medis Sering Kami Temukan

Advertisement

TPAS Rimbo Bujang, Pemulung: Kalo Sampah Medis Sering Kami Temukan

Portal
Selasa, 12 Maret 2019


PORTALTEBO.id - Salah seorang pemulung di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Kecamatan Rimbo Bujang mengaku sering menemukan sampah medis di tempat tersebut.

Hal ini diungkapkannya saat menyaksikan tim Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH) Kabupaten Tebo mengeksekusi sampah medis di TPAS tersebut.

“Kalo sampah seperti ini banyak dan sering kami temukan. Apalagi jarum suntik,” kata Loso sambil menunjukan sisa jarum suntik yang di eksekusi tim LP2LH Tebo.

Saat dikatakan LP2LH bahwa jarum suntik dan beberapa sampah medis tersebut adalah limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan, Loso langsung terkejut. “Wah berbahaya ya. Ndak tau kalo itu berbahaya,” kata Loso.

Hal yang sama juga dikatakan pemulung lainnya, Suryati. Ditanya siapa yang membuang sampah medis tersebut, dia mengaku tidak tahu,” Biasanya yang membuang sampah di sini terkadang mobil pribadi, taoi kebanyakan mobil pemerintah,” kata dia.

Sebelumnya, Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH) Kabupaten Tebo, kembali menemukan sampah medis di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, Selasa (12/03/2019).

Sampah medis berupa bekas jarum suntik, perban, obat, bekas obat dan lain sebagainya, ditemukan dalam kantong plastik besar di tumpukan sampah.

Ketua DPD LP2LH Tebo, Hary Irawan mengatakan, sampah medis tersebut ditemukan saat tim observasinya mencari bekas kantong darah atau bekas kantong transfusi darah yang ditemukan di lokasi yang sama beberapa waktu lalu.

“Kita mau eksekusi bekas kantong darah itu, namun saat kita cari ndak ketemu. Kemungkinan sudah tertimbun dengan sampah yang lain, “kata Hary di lokasi TPAS Rimbo Bujang.

Saat mencari bekas kantong darah yang dimaksud, jelas Hary, timnya menemukan kantong pelastik berisi sampah medis. “Akan kita amankan untuk bukti laporan kita nanti,” kata Hary

Ditanya dari mana asal sampah medis tersebut, Hary mengaku tidak tahu. “Tidak tahu siapa yang membuangnya ke sini (TPAS Rimbo Bujang). Yang jelas ini akan kita laporkan ke Polres Tebo. Nanti anggota Polres lah yang menyelidikinya, “tutup dia.

Saat ini, disaksikan anggota Polsek Rimbo Bujang dan warga sekitar, sampah medis tersebut telah di eksekusi LP2LH dilaporkan ke Polres Tebo. (red)