Babinsa Koramil 03/Sungai Bengkal Bersihkan Rumput Liar di Sawah Petani

Advertisement

Babinsa Koramil 03/Sungai Bengkal Bersihkan Rumput Liar di Sawah Petani

Senin, 08 April 2019


PORTALTEBO.id – Koramil 416-03/ Sungai Bengkal, Babinsa Koptu Mahfud terlihat kompak bersama petani melaksanakan pencabutan rumput liar, di tanaman padi sawah lahan milik pak Ansori kelompok Baluran Panjang di Desa Sungai Bengkal Barat Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, Senin (8/04/2019)

Koptu Mahfud mengatakan, kegiatan perawatan ini dilakukan secara rutin agar hasil panen dapat sesuai yang diharapkan.

Tanaman padi tersebut perlu di rawat agar bisa tumbuh optimal salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu tanaman padi.

“Mulai dari penyiapan lahan sampai dengan penyiangan dan membersihkan rumput pada tanaman padi dilaksanakan secara bersama-sama antara dan masyarakat setempat, ” ujar Koptu Magfud.

Selain itu, kata Koptu Mahfud, para patani juga diajak untuk selelu rutin mengecek semua padi yang sudah ditanam. Dengan pengecekan secara rutin, maka semua gangguan diketahui lebih awal.

“Seperti pengecekan hama, saluran air, sekaligus pemberian pupuk yang teratur. Bila hasil panen bagus kami juga ikut senang, sehingga program swasembada pangan bisa tercapai dengan baik,” katamya. (red)