google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Hadiri Pelatihan UMKM di Jambi, Ihsan Yunus: UMKM Patut Jadi Prioritas Ekonomi Nasional

Advertisement


Hadiri Pelatihan UMKM di Jambi, Ihsan Yunus: UMKM Patut Jadi Prioritas Ekonomi Nasional

Kamis, 11 April 2019


PORTALTEBO.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengadakan pelatihan keterampilan untuk pembuatan kue kering bagi usaha-usaha yang tergolong usaha mikro hingga kecil di Kota Jambi, pada 8 hingga 10 April 2019.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dukungan BNI terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Ihsan Yunus, anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, Dapil Jambi, terlihat hadir pada penutupan acara ini pada Rabu, 10 April 2019 yang lalu. Selain dihadiri perwakilan pusat, acara ini juga dihadiri perwakilan dari BNI cabang Kota Jambi.

Ihsan menyebut, UMKM memiliki kontribusi besar terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia. “Pada 2018 lalu, saya mencatat lebih dari 60% PDB kita itu disumbangkan bisnis berskala UMKM. Bukan bisnis raksasa. Ini jadi alasan pemerintah patut menjadikan UMKM jadi prioritas dalam perekonomian nasional,” ujar Ihsan.

Ihsan, yang pada April 2019 nanti kembali diamanatkan menjadi Caleg DPR RI bernomor urut pertama dari PDIP, Dapil Jambi, mengapresiasi berbagai program pusat untuk pengembangan UMKM yang telah dilakukan di Jambi.

“Saya mengapresiasi perhatian BUMN seperti BNI dalam pengembangan UMKM di Jambi. Selama kami menjabat sebagai anggota DPR sejak 2014 hingga sekarang, Alhamdulillah kami berhasil memediasi mitra-mitra kami di Komisi VI seperti Kementrian Perindustrian dan berbagai BUMN, untuk mendorong program-program pengembangan UMKM di Provinsi Jambi. Ratusan program pengembangan UMKM itu dilakukan lewat acara pelatihan seperti hari ini, pemberian alat usaha atau berbagai workshop tentang kewirausahaan. Kami juga sekarang masuk ke dalam tim penyusun RUU Kewirausahaan yang tentunya diharapkan akan memberikan banyak fasilitas bagi pengembangan UMKM ke depannya,” tandas Ihsan lebih lanjut.

“Saya berharap UMKM Jambi dapat menjadi penyumbang signifikan bagi ekonomi provinsi. Apalagi hari ini adalah industri kue, industri yang saya yakin tidak pernah sepi pasarnya terlebih sebentar lagi kita akan masuk ke bulan Ramadhan di mana jumlah permintaan kue-kue kering pasti meningkat drastis. Semoga pelatihan ini dapat lebih meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha UMKM kue-kue kering di Kota Jambi,” tambahnya. (red)