google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Babinsa Koramil 416-03 Sungai Bengkal Bersama Warga dan Manggala Agni Gelar Latihan Karhutla

Advertisement

Babinsa Koramil 416-03 Sungai Bengkal Bersama Warga dan Manggala Agni Gelar Latihan Karhutla

Rabu, 01 Mei 2019


PORTALTEBO.id - Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 416-03/Sungai Bengkal jajaran Kodim 0416/Bungo Tebo yang dipimpin Serka Tartonadi melaksanakan latihan bersama warga dan Manggala Agni dalam rangka antisipasi Karhutla, khususnya di wilayah binaan teritorial jajaran Koramil 416-03/Sungai Bengkal, Rabu (01/05/2019).

Serka Tartonadi mengatakan bahwa kegiatan latihan ini lakukan untuk meningkatkan kewaspadaan karna diawal Mei 2019 ini sudah memasuki musim kemarau artinya potensi terjadinya karhutla semakin besar diharapkan dengan latihan ini kita bisa lebih siap dan waspada, dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya diwilayah binaan Koramil 416-03/Sungai Bengkal.

Danramil 416-03/Sungai Bengkal Kapten Inf Sulasa Hadi saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa Latihan yang dilakukan yang dilakukan Babinsa Serka Tartonadi dan Manggala Agni, bertujuan untuk antisipasi terlebih memasuki musim kemarau sekarang, selain latihan Danramil juga memerintahkan kepada seluruh Babinsanya untuk juga mensosialisasikan tentang bahaya Karhutla, karna ini merupakan perintah langsung Dandim kepadanya.

“Tujuannya sudah jelas, Babinsa patroli setiap hari, Dan apa bila menemukan pembakar lahan dan hutan. Langsung kita tangkap dan pelaku pembakaran tersebut dapat diproses secara hukum nantinya, “sebutnya.

Karena bagi pelaku Karhutla yang bersangkutan sudah membuat pelanggaran yang dapat merugikan masyarakat banyak. “Jadi kami imbau masyarakat tidak melakukan kegiatan pembakaran lahan dan hutan di wilayah Koramil 416-03/Sungai Bengkal, “tegasnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi dan patroli, masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Karena hal itu memberikan dampak yang besar bagi kesehatan dan kemajuan perekonomian di wilayah kita, “jelasnya. (red)