Gajah Rusak Kebun dan Rumah Warga Desa Suo-Suo, Minta Intansi Terkait Bertindak

Advertisement

Gajah Rusak Kebun dan Rumah Warga Desa Suo-Suo, Minta Intansi Terkait Bertindak

Kamis, 02 Mei 2019


PORTALTEBO.id - Sudah beberapa hari ini warga Desa Suo-Suo, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, diresahkan atas ulah gerombolan gajah yang merusak kebun dan rumah mereka.

Salah seorang warga yang mengaku rumahnya telah dirusak gajah, Hasan mengatakan, bahwa ulah gajah liar tersebut juga telah merusak puluhan hektar kebun milik warga,”Kita sudah merasa sangat terganggu sekali akibat amukan gajah tersebut, “kata dia, Kamis (02/05/2019).


Dijelaskannya, gajah tersebut berkeliaran disekitar simpang Cempedak desa Suo-Suo. Jumlahnya diperkirakan sekitar 3 ekor. “Kalo kebun yang telah dirusak bervariasi, ada yang 2 Ha, 5 Ha, bahkan ada yang sampai 7 Ha. Sekarang gajahnya sudah sangat dekat dengan pemukiman warga“kata dia lagi.

Hal yang sama juga dikatakan salah seorang warga desa Suo-Suo. Untuk antisipasi amukan gajah tersebut, kata dia, warga terpaksa melakukan ronda malam untuk mengusir gajah, “Tapi gajahnya tetap masuk juga ke kebun warga, “kata dia.

Warga ini memgaku sudah melaporkan hal ini kepada pihak terkait, khususnya NGO FZS yang telah bertahun menanggani gajah di Kabupaten Tebo. “Belum ada tindakan atas laporan kita,”uajrnya.

Untuk itu, dia dan warga desa sangat berharap kepada pihak terkait agar mencari solusi agar kebun dan mereka tidak menjadi sasaran amukan gajah. “Kalo kita bunuh bakal jadi masalah, soalnya itu (gajahg hewan yang dilindungi. Kalo ndak dibunuh, terus menjadi masalah, warga yang sangat dirugikan, “pungkasnya. (red)