google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Usai Panen Padi, Babinsa di Merangin ini Juga Ikut Bantu Petani Rontokan Padi

Advertisement

Usai Panen Padi, Babinsa di Merangin ini Juga Ikut Bantu Petani Rontokan Padi

Rabu, 08 Mei 2019


PORTALTEBO.id - Keberadaan Babinsa di lapangan diarahkan pada sinergi langkah dan gerak dengan fungsi dan perannya masing-masing guna mendinamisasi pembangunan pertanian. Fungsinya sebagai motivator dan pendorong bagi petani dan kelompok tani, serta pengawas berjalannya program. Kehadiran Babinsa TNI AD bukan sebagai penyuluh pertanian akan tetapi sebagai motivator, fasilitator, dinamisator, inovator bagi kelompok tani di lapangan.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 420-05/Jangkat, Kodim 0420/Sarko, Serda Gandhi, bantu warga petani desa binaannya lakukan perontokan padi yang sudah dipanen dengan manual milik anggota Kelompok Tani Sari Madu, bertempat di lahan persawahan di desa Tanjung Kasri Kec. Jangkat, Rabu (8/5/2019)

Usai panen padi bersama dengan petani padi di desa binaannya, Serda Gandhi juga turut bantu petani lakukan perontokan padi dengan cara manual di sawah milik anggota kelompok Tani Sari Madu, di desa Tanjung Kasri, dengan luas sawah yang sudah dipanen seluas 0,5 Ha.

Serda Gandhi mengatakan, ini adalah peran serta kami Babinsa, dalam upaya khusus pendampingan kepada para petani, sudah menjadi komitmen kami untuk mendampingi para petani ikut membantu mereka mulai dari penanaman padi sampai dengan panen sekarang ini.

Ia juga mengatakan, apa yang dilakukan ini juga sebagai wujud peran serta TNI dalam mendampingi para petani, untuk mewujudkan Ketahanan Pangan (Hanpangan), serta untuk menunjukan bahwa TNI itu selalu ada bersama rakyat.

Serda Gandhi tampak sedang membantu salah satu warga di desa binaan tersebut, memanen dan merontokan padi. “Pendampingan Babinsa kepada petani diawali sejak persiapan lahan, penggarapan lahan, penyebaran benih, penanaman, pemeliharaan, hingga musim panen tiba,” tutur Serda Gandhi, ketika ditanya tentang keikusertaannya dalam membantu petani panen padi. (penrem042gapu)