google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Kodim 0416 Bute, Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Advertisement

Kodim 0416 Bute, Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Sabtu, 01 Juni 2019

PORTALTEBO.id - Kodim 0416 Bungo Tebo melaksanakan Upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di halaman Makodim. Dandim Bute, Letkol Inf Wahyu Hadi Soenaryo bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Komandan Upacara Kapten Inf Hasan Daswil.
Hadir dalam upacara kali ini, wakil Bupati Bungo, H Safrudin Dwi Aprianto, Sekda H Ridwan Is, Kejaksaan, Kapolres Bungo, kepala OPD, para Danramil, para Camat, BPBD Bungo, Sabtu (1/06/2019).


Letkol Inf Hadi Soenaryo, membacakan amanat Priseden Republik Indonesia menyampaikan bahwa, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 oleh Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

“Kita perlu belajar dari pengalaman negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Karena itu, Presiden dalam amanatnya mengajak peran aktif para tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menjaga Pancasila, “sebut Dandim.


Dandim juga menyampaikan untuk meneguhkan komitmen bersama agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika kita bisa terhindar dari segala masalah. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,” ucapnya. (sp/red)