google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Advertisement

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Kamis, 13 Juni 2019

Pepaya pada umumnya banyak orang mengetahui bahwa manfaatnya untuk melancarkan masalah saluran pencernaan, namun ternyata pepaya banyak memiliki manfaat lain bagi tubuh manusia. Dari keunikan buahnya, pepaya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, selanjutnya saya akan menjelaskan secara rinci tentang pepaya ya teman-teman:
Pepaya merupakan tanaman yang sangat mudah ditemukan terutama penanamannya, pepaya sangat mudah ditanaman. Dengan biji nya yang sangat unik dan kecil-kecil namun bisa menumbuhkan berapa pohon pepaya ya teman-teman. Karna saya sudah mengalami proses pertumbuhan pepaya, dengan cara kita ambil saja biji nya lalu kita lempar kan dimana mau kita tanam dan bebarapa bulan kemudian ia akan tumbuh seperti rumbut dengan daun yang jarang-jarang dan batang pepaya ini tidak lah keras sangat-sangat lembut dari semua nya, dan kemudian ia akan membesar lalu berbuah.

Dan kalian harus tau bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat tapi daunnya juga bermanfaat bagi tubuh. Daun pepaya bermanfaat sebagai obat, sedangkan buah pepaya dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati gangguan saluran cerna, infeksi usus, obat penenang, diuretik dan pepaya ini bermanfaat juga bagi ibu hamil. Nah, banyak sekali manfaatnya kan, ayo lah mulai dari sekarang selalu mengkonsumsi makanan yang sehat.
Apakah kandungan nutrisi pada pepaya ?
Pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang dapat memecah rantai protein pada daging. Pada satu pepaya kecil dengan berat 152 gram memiliki kandungan: 59 kalori, 15 gram karbohidrat,3 gram serat, 1 gram protein, Vitamin C : 157% dari total vitamin C yang dibutukan tubuh dalam sehari, Vitamin A : 33% dari total vitamin A yang dibutuhkan tubuh dalam sehari Fola : 14% dari total folat yang dibutuhka tubuh dalam sehari, Kalium : 11% dari total kalium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari, Terdapat beberapa kandungan lain seperti kalsium, magnesim, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin E dan vitamin k. Papaya juga mengandung antioksidan yang disebut dengan karotenoid.  Jenis karotenoid yang tertinggi pada papaya adalah lycopene.
Pepaya merupakan antioksidan yang kuat
Antioksidan karotenoid yang terkandung pada pepaya dapat membantu menetralisir radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan. Berikut ini beberapa macam manfaat pepaya dalam kesehatan:
pepaya dapat meningkatkan kesehatan jantung, pepaya dapat membantu meredakan peradangan, pepaya dapat memperbaiki pencernaan, pepaya dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan pepaya juga bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil.

Penulis: Penti Amalia Putri, NPM; 2018 31 002, Prodi:  S1 Ilmu Gizi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim (STIKBA) Jambi.