google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Memiliki Segudang Manfaat, Ternyata Kunyit Juga Bisa Sembuhkan Penyakit Mematikan

Advertisement

Memiliki Segudang Manfaat, Ternyata Kunyit Juga Bisa Sembuhkan Penyakit Mematikan

Kamis, 13 Juni 2019


Kunyit termasuk salah satu tanaman suku temutemuan (Zinggiberaceae) yang banyak ditanam di pekarangan, kebun, dan di sekitar hutan jati. Kunyit dikenal sebagai penyedap dan penetral bau anyir pada masakan, seperti gulai, pindang, dan soto. Kunyit juga sebagai pewarna makanan khususnya pada nasi kuning.

Selain itu, kunyit juga sering dimanfaatkan sebagai ramuan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Misalnya, rimpang kunyit yang diparut, lalu ditambah kapur sirih dan air panas setelah dingin dioleskan pada bengkak yang disebabkan sengatan serangga atau ulat bulu.

Saat ini kunyit sudah dimanfaatkan secara luas oleh industri makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik, dan tekstil. Dunia industri telah memanfaatkan kunyit sebagai bahan pewarna kain, wol, sutra, tikar dan bahan-bahan kerajinan lainnya. Di Eropa, kunyit sudah dipakai untuk mewarnai mentega, keju, dan mustard. Tepung kunyit juga dipakai dalam kosmetik tradisional, terutama sebagai bahan lulur dan bedak.

Sebuah tim peneliti India-Amerika dari University of Illinois dan University of Utah juga mencoba mengembangkan obat kanker. Obat kanker yang mereka kembangkan terbuat dari kunyit, bahan yang mudah ditemui di Indonesia.

Proses yang mereka kembangkan memungkinkan kurkumin, bahan aktif dalam kunyit, untuk membunuh sel kanker. Kurkumin di dalam kunyit dikenal luas karena sifat anti-kankernya. Menambahkan kunyit ke makanan biasa setiap hari bisa membantu melawan sel kanker secara efektif. Mungkin yang kita tahu kunyit bisa mencegah flu di musim dingin.

Namun ternyata jika dikonsumsi dalam jumlah besar kunyit bisa mencegah pertumbuhan lesi pre-kanker. Mengonsumsi kunyit bisa membantu mengendalikan pertumbuhan lesi pre-kanker terutama jika terjadi kanker mulut. Ekstrak minyak kunyit telah ditemukan untuk mencegah perkembangan kanker serviks.

Kunyit bisa membantu mencegah perkembanganbiakan lebih lanjut sel kanker dan perkembangan pembuluh darah baru di tumor. Kunyit bisa ditambahkan sebagai bumbu makanan atau dikonsumsi sebagai suplemen dengan menambahkan satu sendok teh ke segelas susu. 

Kunyit juga dikenal karena sifat antioksidannya yang kaya. Bahan dapur ini bisa membantu mencegah zat beracun yang mempengaruhi organ vital manusia. Ini bisa membantu mencegah berbagai jenis kanker.

Penulis: Fira Sonia, NPM: 201831029 Prodi: S1 Ilmu Gizi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim (STIKBA) Jambi.