google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Puluhan Hektar Kebun Warga di Sungai Bengkal Dirusak Gerombolan Gajah

Advertisement

Puluhan Hektar Kebun Warga di Sungai Bengkal Dirusak Gerombolan Gajah

Senin, 17 Juni 2019

PORTALTEBO.id - Sudah beberapa hari ini, kawanan gajah berkeliaran bebas di Kelurahan Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, Jambi.

Kawanan gajah yang diperkirakan berjumlah 6 ekor ini merusak kebun dan tanaman milik warga sejak 2 hari pasca hari raya Idul Fitri 144p H kemarin.

Salah seorang warga yang langsung melihat kawanan gajah tersebut, Ilham Nur mengatakan bahwa warga dan pemilik kebun sudah berusaha mengusir kawanan gajah itu dengan menggunakan peralatan seadanya,"Pulang kerja tadi, saya melihat langsung kawanan gajah berkeliaran. Saya sengat terkejut dan ketakutan,"kata Ilham dikonfirmasi, Senin (17/06/2019).

Hal yang sama juga dikatakan oleh warga lainnya, Nana. Dia mengaku kebun sawit miliknya seluas 2 Ha telah dirusak oleh kawanan gajah tersebut dengan cara ditumbang. "Kalo ditotalkan dengan kebun yang lain mangkin sudah puluhan hektar yang telah dirusak gajah, "kata Nana.

"Sudah berupaya diusir, pergi sebentar kemudian datang kembali ke kebun warga. Jadi kebun yang dirusak luasanya terus bertabah, "kata dia lagi.

Terkait kawanan gajah ini, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi, Rahmad Saleh dikonfirmasi mengatakan bahwa, dia telah menurunkan tim ke Sungai Bengkal, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo. "Tim sudah di sana sejak tanggal 10 kemarin, "kata dia. (red)