google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Warga Mangun Jayo Kembali Swadaya Perbaiki Jalan Rusak

Advertisement

Warga Mangun Jayo Kembali Swadaya Perbaiki Jalan Rusak

Sabtu, 29 Juni 2019


PORTALTEBO.id - Sejak dibangun oleh Majid Muaz Bupati Tebo periode sebelumnya, jalan sepanjang 7 km di desa Mangun Jayo Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, belum pernah tersentuh perbaikan. Akibatnya, jalan lingkungan yang menjadi akses satu-satunya di desa tersebut rusak parah dan sulit dilalui kendaraan. 

Bosan dengan kondisi jalan rusak, akhirnya warga kompak memperbaiki jalan dengan cara swadaya. Separuh lebih warga desa tersebut gotong royong memperbaiki jalan dengan cara dicor. 

"Ini gotong royong yang kedua setelan dua minggu yang lalu, "kata Sekretaris Desa Mangun Jayo, Ali Ambran disela gotong royong bersama warga, Sabtu (29/06/2019).


Dikatakanya, kondisi jalan rusak di desanya itu sudah terjadi sejak lama dan sangat dikeluhkan warga, Karena tak kunjung diperbaiki, akhirnya warga sepakat sumbangan untuk membeli material untuk memperbaiki jalan tersebut . 

Dikatakan Ambran lagi, desa Mangun Jayo merupakan desa tertua di Kabupaten Tebo yang berjarak sekitar 2 Km dari pusat kota.

Setiap tahun disaat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di tingkat desa maupun tingkat kecamatan, pihak desa hanya mengusulkan perbaikan jalan tersebut.

"Selama ini usulan kami cuma perbaikan jalan. Tapi ndak tahu juga mengapa dak pernah ditanggapi. Padahal desa kami sangat dekat dengan pusat kota dan sangat butuh perhatian, "ujarnya. 

"Yang anehnya, lain yang diusulankan lain pula yang dibangun oleh pemerintah. Buktinya, kami mengusulkan perbaikan jalan malah yang dibangun pagar sekolah dan lainnya,"ketus dia. 

Pernyataan Amran ini dibenarkan oleh Kepala Desa Mangun Jayo, Ikhsan. "Iya, warga sumbangan sukarela untuk memperbaiki jalan. Dan ini gotong royong yang kedua kalinya,"kata Kades.

Untuk itu, Kades berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo agar memperhatikan pembangunan di desanya. "Khusunya perbaikan jalan. Warga sudah sangat mengeluh sekali dengan kondisi jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki, "pungkas Kades. (red)