-->

Menu Bawah

Iklan


Babinsa Serda Puspito Bersama Petugas Damkar Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla

28/07/19, 15:35 WIB Last Updated 2019-07-28T08:35:51Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Guna mengantisipasi pencegahan Karhutla duwilayah binaan, Babinsa Koramil 416-02/Tanah Tumbuh, terus melaksanakan sosialisasi karhutla. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Lubuk Tenam Serda Pusputo Irawan di Kecamatan Jujuhan Ilir Kabupaten Bungo, Minggu (28/07/2019).

Dia bersama petugas Damkar setiap hari melaksanakan sosialisasi karhutla di wilayah desa binaan. Masyarakat diminta agar tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar. "Selain sosialisasi, kita juga melaksanakan patroli karhutla,"kata Serda Pusputo Irawan.

Saat sosialisasi, Serda Puspito menyampaikan kepada masyarakat agar selalu peduli dan mengikuti peraturan dan kebijaksanaan dari kampung terkait Karhutla. Pasalnya, apabila warga secara benar dan terbukti telah melaksanakan Karhutla maka sanksinya akan mendapatkan hukuman sesuai dengan pasal UU No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan di ancam pidana 15 Tahun atau membayar denda 5 M, UU No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di ancam pidana 10 Tahun atau membayar denda 10 M, UU No 39 tahun 2014 tentang Perkebunan di ancam pidana 10 Tahun atau membayar denda 10 M, UU KUHP Pasal 187, "Bila terbukti diancam pidana 12 tahun penjara.”ucapnya.

Tidak hanya itu, Babinsa juga meminta peran aktif masyarakat untuk ikut serta memberikan himbauan kepada masyarakat lainnya tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kerugian bagi masyarakat dengan dampak cukup besar bahkan bagi segi ekonomi,” ulasnya.

“Kegiatan Sosialisasi Karhutla yang dilaksanakan oleh anggota Koramil 416-02/TT merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan hidup serta memantapkan Kemanunggalan TNI Rakyat di wilayah didalam menuju masyarakat yang patuh dan taat akan hukum yang berlaku. (red) 
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini