google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Berinteraksi Dengan Warga Binaan, Sertu Abu Bakar: Bersama Rakyat TNI Kuat

Advertisement

Berinteraksi Dengan Warga Binaan, Sertu Abu Bakar: Bersama Rakyat TNI Kuat

Jumat, 05 Juli 2019


PORTALTEBO.id - Babinsa merupakan Anggota TNI yang memiliki tugas menjaga pertahanan dan keamanan Nasional. Babinsa bertanggung jawab atas pelaporan dan pengawasan kondisi Demografi, Kondisi Sosial Masyarakat yang berdampak pada Pertahanan Keamanan Nasional. 

Babinsa merupakan orang pertama dari barisan TNI yang langsung turun ke tempat kejadian. Babinsa tinggal di tengah- tengah Masyarakat dan harus dekat dengan warga binaannya. 

Babinsa merupakan satuan teritorial TNI AD  paling bawah, yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Dia berada dibawah Komando Rayon Militer, Bagian Komando Distrik Militer dan Komando Resor Militer yang menginduk pada Komando Daerah Militer.

Seorang Babinsa memiliki Wilayah operasi yang sangat luas dan bervariasi dari Cuma satu Desa hingga ke beberapa Desa, Tugas Pokoknya meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada Aspek Demografi hingga Sosial dan Budaya. 

Karena Tugas dan fungsinya Babinsa, Sertu Abu Bakar Babinsa Koramil 416-03/Sungai Bengkal Kodim 0416/Bungo Tebo tidak segan segan berinteraksi langsung dengan warga binaannya. Mulai dengan kegiatan kemasyarakatan, sosial serta kegiatan keagamaan salah satunya dibuktikan dengan berkunjung kerumah Tokoh pemuda Sdr Firman, dalam rangka  silaturahmi dan mengajak agar bersama menjaga keamanan wilayah terutama para pemuda dari bahaya buruk Narkoba.

Dengan demikian secara tidak langsung tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta upaya meningkatkan kepercayaan rakyat kepada TNI, yang saat ini rakyat percaya bahwa TNI telah semakin dekat dengan rakyat, “Bersama Rakyat TNI Kuat,"kata Sertu Abu Bakar. (red)