google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Ini Strategi Danramil Tebo Tengah Antisipasi Karhutla

Advertisement


Ini Strategi Danramil Tebo Tengah Antisipasi Karhutla

Senin, 08 Juli 2019


PORTALTEBO.id - Kodim 0416/Bungo Tebo (Bute) melalui Danramil 416-05/Muara Tebo Kpt Inf Zulkarnaini memiliki strategi tersendiri untuk mengantisipasi terjadinya pembakaran hutan dan lahan (Karhutla). Salah satunya dengan mengerahkan seluruh Babinsanya untuk melakukan patroli ke wilayah rentan Karhutla. 

Patroli ini dilaksanakan oleh Babinsa secara bergantian dengan fokus sasaran adalah wilayah rawan Karhutla. "Setiap Babinsa kita intruksikan untuk melaksanakan potroli rutin secara bergantian di wilayah desa binaan masing-masing. Ini dilakukan untuk antisipasi terjadinya Karhutla,"kata Zulkarnaini, Senin (08/07).


Selain patroli rutin kata Danramil, Babinsa juga melakukan sosialisasi tentang bahaya dan sanksi bagi para pelaku Karhutla. "Bahayanya sudah jelas, membuka lahan dengan cara dibakar akan menimbulkan kabut asap yang berdampak pada ISPA. Kalau sanksinya adalah denda miliaran rupiah dan penjara, "kata Danramil sambil menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Intruksi Danramil ini ditindak lanjuti oleh para Babinsa. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Muaro Sekalo, Kecamatan Sumay, Serda Hardi. Dia bersama Bhabinkamtibnas dan anggota Manggala Agni melaksanakan patroli Karhutla seputaran wilayah Kecamatan Sumay. "Patroli karhutla ini merupakan agenda rutin kita setiap masuk musim kemarau. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, "kata Babinsa, Senin (08/07).

Disela patroli kata Hardi, dia bersama tim melakukan sosialisasi Karhutla kepada warga yang dijumpai selama patroli. "Saat ketemu warga yang berkebun langsung kita hampiri. Kita ingatkan dan sarankan agar tidak membersihkan kebun dengan cara dibakar. Alhamdulillah, warga mau mendengarkan saran kita, "kata dia. (red)