-->

Menu Bawah

Iklan

Koptu Mahfud Bersama Petani Bersihkan Hama Rumput di Sawah Seluas 8 Ha

16/07/19, 12:59 WIB Last Updated 2019-07-16T05:59:52Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 416-03/Sungai Bengkal jajaran Kodim 0416/Bungo Tebo, Koptu Mahfud bersama petani membersihkan hama rumput di sawah seluas 8 Ha di Desa Sungai Bengkal Barat Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, Selasa (16/07/2019).

Komandan Koramil (Danramil) 416-03/Sungai Bengkal Kapten Inf Sulasa Hadi, menjelaskan, rumput yang tumbuh di sekitar sawah petani adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. 

"Persaingan rumput dengan padi dalam setiap pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen”, jelasnya.

Lanjut Kapten Inf Sulasa Hadi, hama rumput ini dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara rumput itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya. Di samping itu ada beberapa rumput yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan rumput tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit.

“Pengendalian pertumbuhan rumput pada padi sawah ini umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, biasanya dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida”, imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan itu, Danramil tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal. (red) 
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini