google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Kpt Inf Zulkarnaini Bantu Bibit Pohon Gaharu dan Mahoni Dievent Community Challenge 2019

Advertisement


Kpt Inf Zulkarnaini Bantu Bibit Pohon Gaharu dan Mahoni Dievent Community Challenge 2019

Sabtu, 13 Juli 2019


PORTALTEBO.id - Salah satu kegiatan pada event Community Challenge 2019 yang digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) kawasan Stadion Sport Center Tebo Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo pada Sabtu (13/07), adalah menanam pohon di lokasi RTH tersebut. 

Sejumlah bibit pohon ditanam oleh peserta Community Challenge 2019 bersama anggota TNI AD Koramil 416-05/Muara Tebo. "Bibit pohon yang kita tanam adalah pohon mahoni dan gaharu, "kata Kordinator Forum Komunitas Hijau (FKH) Tebo Kotaku, Robi Harja disela menanam pohon. 


Dijelaskan Robi, bibit pohon tersebut adalah bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tebo dan Danramil 416-05/Muara Tebo Kpt Inf Zulkarnaini. "Saya mewakili komunitas mengucapkan terimakasih kepada DLH Tebo dan Koramil 416-05/Tebo Tengah atas bantuan bibit pohon ini, "ucap Robi. 

Danramil 416-05/Muara Tebo, Kpt Inf Zulkarnaini yang ikut langsung pada kegiatan itu meminta kepada peserta Community Challenge 2019 agar pohon yang terlah ditanam dirawat. "Jangan cuma ditanam saja, tapi harus dirawat sampai benar-benar tumbuh,"pinta Danramil.


Pohon menurut Danramil, adalah sumber oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Fungsi pihon juga sebagai penyerap karbon dioksida (racun). "Jadi pohon ini sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan, "kata dia. 

Disela itu, Danramil menghimbau kepada para peserta event untuk menjaga lingkungan. Baik keamanan, ketertiban maupun pencemaran lingkungan. "Pencemaran lingkungan salah satunya disebabkan oleh pembakaran hutan atau lahan. Ini jangan sampai terjadi karena berdampak pada kesehatan, "ucapnya. 

Untuk itu, Danramil mengajak seluruh peserta agar sama-sama mengantisipasi atau tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. "Itu sangat dilarang. Bahkan ada sanksi hukumnya. Jangan sampai gara-gara membakar hutan dan lahan, kalian dipenjara sampai 15 tahun atau didenda sampai 15 miliar,"pungkasnya. (red)