google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Mewakili Sumbar, Putri Tebo Ini Raih Mendali Perunggu Diajang OSN 2019

Advertisement


Mewakili Sumbar, Putri Tebo Ini Raih Mendali Perunggu Diajang OSN 2019

Jumat, 05 Juli 2019


PORTALTEBO.id - Tahun ini penyelenggaraan event Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2019 selesai dilaksanakan. Untuk tingkat pendidikan SD dan SMP dilaksanakan di Kota Yogyakarta, dan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dilaksanakan di Kota Manado Sulawesi Utara.

Event atau ajang yang di mulai dari 30 Juni hingga 6 Juli 2019 tersebut mengangkat tema Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan.

Pada ajang ini, terdapat salah satu putri terbaik Tebo yakni Ranti Rizkia Taqwiyah, Putri dari Bapak Rawanuddin, S.Ag, M.Pd.I dan Ibu Ahdiyenti, S.Ag, M.Pd.I.

Ranti Rizkia Taqwiyah yang kerap di sapa Eky adalah putri kelahiran Tebo,14 Desember 2002 silam. Dia masih duduk di kelas XII dan hingga kini selalu mewakili sekolah dalam berbagai lomba dan masih bisa menjadi juara kelas di SMAN 1 Padang Panjang. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Ibunda dari Eky, Ahdiyenti yang tidak lain adalah Komisioner KPU Povinsi Jambi yang saat ini sedang berada di Jakarta dalam rangka rakor persiapan menghadapi sengketa gugatan PHPU Pileg di MK. 

"Eky mewakili Provinsi Sumbar dari SMAN 1 Padang Panjang, cuma Eky yang berasal dari Tebo," ungkap Ahdiyenti, Jumat (05/07/2019).

Tidak hanya sampai di situ, pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 Manado, Eky yang ternyata merupakan satu-satunya perwakilan bidang studi Ekonomi mewakili Sumbar ternyata berhasil meraih medali perunggu. "Alhamdulillah, anak kami Eky berhasil menyabet medali perunggu," katanya. 

Diketahui, pada ajang OSN jenjang SMA ini mempertandingkan sembilan bidang sains yakni Matematika diikuti 77 peserta, Fisika 79 peserta, Kimia 74 peserta, Komputer/Informatika 75 peserta, Biologi 77 peserta, Astronomi 72 peserta, Ekonomi 77 peserta, Kebumian 77 peserta, dan Geografi 77 peserta. Jika dihitung secara keseluruhan, untuk OSN SMA tahun 2019 diikuti oleh 1073 peserta dan pendamping, juri dan panitia pusat.

Namun Untuk jenjang pendidikan SMP yang berlangsung di Yogyakarta, pelaksanaan OSN di ikuti peserta sebanyak 476 orang, terdiri dari 408 siswa dan 68 orang pendamping. Kemudian untuk jenjang pendidikan SD yang juga berlangsung di Yogyakarta, di ikuti 272 peserta.

Hari ini, Pada Jumat (4/7/2019), kegiatan OSN 2019 secara resmi ditutup oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy di Gedung Mapalus Kantor Gubernur dengan dihadiri Sekretaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen, Kepala Dikda Sulut, dr Grace Punuh M.Kes dan para pejabat esolon 1 Kemendikbud, dan Kepala SMA dan SMK. (red)