google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Politisi Senior Akbar Tanjung Mendukung Ponpes SAD Berbasis Keterampilan

Advertisement

Politisi Senior Akbar Tanjung Mendukung Ponpes SAD Berbasis Keterampilan

Rabu, 17 Juli 2019


PORTALTEBO.id - Ketua umum Jamiyah Batak Muslim Indonesia (JBMI) H. Albiner Sitompul bersama beberapa pengurus Al-Jassra hari ini bersilaturahmi ke Akbar Tanjung Institut (AT institut) di Jakarta.

Hasil pertemuan yang disambut langsung oleh Mantan Ketua DPR-RI, Akbar Tanjung ini, Antara lain adanya kesiapan Bang Akbar untuk berpartisipasi dalam pembangunan Pondok Pesantren khusus Suku Anak Dalam (SAD) berbasis latihan kerja yang di inisiasi Ketum JBMI, H. Albiner Sitompul, Sebagai salah satu aliansi di Al-Jassra (Aliansi Jambi Sosial Research and Responbility).

"Saat ini pembangunan Ponpes sudah dimulai pembersihan lahan karena saat ini kondisi lahan masih banyak tegakan pohon," ujar Willy Azan, Ketua Forkomba (Forum Komunikasi Orang Rimba Jambi) kepada media ini (17/7/2019).

Tanggapan Pak Akbar, Kata Willy, Sangat positif, Beliau siap membantu proses pembangunannya bahkan tadi beliau bertanya kapan peletakan batu pertamanya karena beliau mau hadir langsung ke lokasi," Willy menambahkan.

Sejauh ini, Willy melanjutkan, hasil komunikasi yang sudah dilakukan dengan beberapa kelompok Orang Rimba banyak anak muda yang tertarik bahkan sudah ada puluhan orang yang siap menjadi siswa atau santrinya. 

Sebab, Rata-rata dari mereka, ujar Willy, sangat tertarik dengan pelatihan di bidang Otomotif (Service motor dan mobil) Bidang Elektronik (Service Handphone dan Televisi) serta pelatihan membuat Meubel dan Rumah. Karena hampir diseluruh kelompok sekarang ini sudah banyak yang punya motor, hp dan sudah banyak yang hidup menetap atau membuat rumah semi permanen dan permanen.

"Alhamdulilah, Mudah-mudahan pembangunan ponpes berbasis keterampilan ini berjalan lancar dan menjadi perubahan positif bagi anak-anak muda di komunitas. Karena setelah mereka pandai dan kembali ke kelompoknya dapat membantu kebutuhan masyarakat serta membuat usaha-usaha produktif yang sejalan dengan perkembangannya, keadilan dan kemandirian," terang Pria yang sudah lama bergaul dengan Orang Rimba tersebut.

"Kami Al-Jassra sangat berterima kasih atas dukungan Pak Akbar Tanjung wabil khusus Pak Albiner Sitompul karena beliaulah yang punya ide sehingga menjadi kerjasama yang baik di Al-Jassra," tutup Willy

Sementara itu, ketua umum Al-Jassra, Saidina Usman El-Quraisy ketika di konfirmasi menyatakan bahwa salah satu tujuan didirikannya aliansi ini adalah untuk melakukan kerja-kerja pemberdayaan masyarakat berbasis penelitian dan kajian. 

“Salah satunya seperti akan didirikannya Pondok Pesantren khusus SAD ini. Selain itu, kami juga memfasilitasi beasiswa bagi anak-anak muda SAD untuk kuliah di perguruan tinggi mulai tahun ini, tepatnya di kampus STAI Ahsanta Jambi,” terang Kandidat Doktor dalam bidang politik Islam di Universitas Islam Omdurman, Republik Sudan ini.

Ditambahkannya juga, dukungan dari tokoh-tokoh nasional seperti, Bang Akbar Tanjung, adalah modal penting dan menjadi pemantik semangat luar biasa dalam membesarkan Al-Jassra kedepannya. (red)