google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Akun Putri Sulung Dan Putra Bungsu Sebut Aksi Panjat Tiang Bendera di Tebo Rekayasa dan Hoak

Advertisement


Akun Putri Sulung Dan Putra Bungsu Sebut Aksi Panjat Tiang Bendera di Tebo Rekayasa dan Hoak

Minggu, 18 Agustus 2019


PORTALTEBO.id - Video dan foto seorang pemuda berjuang memanjat tiang bendera demi mengibarkan bendera merah putih viral di media sosial. Keterangan dari warganet, aksi pemuda tersebut terjadi saat upacara pengibaran bendera merah putih memperingati HUT ke-74 RI di Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Sabtu (17/8).

Camat Tengah Ilir Kabupaten Tebo, Richi Shaputra membenarkan atas aksi heroik pemuda itu. "Iya video dan foto itu benar.  Kejadiannya saat upacara peringatan HUT ke-74 RI di lapangan Kecamatan Tengah Ilir kemarin,"kata Richi dikonfirmasi, Minggu (18/08/2019).


Richi mengatakan pemuda tersebut bernama Azrarudin warga Desa Rantau Api Kecamatan Tengah Ilir. Pemuda berusia sekitar 35 tahun ini kata dia, memanjat tiang bendera untuk memperbaiki posisi tali yang keluar dari rel kontrol. "Karena keluar dari rel kontrol, makanya tali tidak bisa ditarik dan pemuda itu yang memperbaiki posisi talinya. Alhamdulillah setelah diperbaiki bendera tetap naik dan berkibar, "ujar dia lagi. 

Kembali dikatakan Richi, pelaksanaan upacara pengibaran bendera di Kecamatan Tengah Ilir sempat terganggu oleh kondisi angin kencang. Akibatnya, tali untuk penarik bendera keluar dari rel katrol dan tali tidak bisa ditarik saat pengibaran bendera. 


Agar bendera tetap naik dan berkibar, Perwira upacara dari TNI mengambil sikap untuk memperbaiki posisi tali. Perwira tersebut meminta salah seorang warga naik atau memanjat tiang bendera untuk memperbaiki posisi tali di rel kontrol. "Pada saat gladi dan sebelum upcara sudah ditest, semuanya dalam kondisi baik. Pas upacara terjadi kesalahan, tapi Alhamdulillah semua bisa teratasi, "kata Richi. 

Sayangnya, video dan foto yang tengah viral tersebut justru dibilang rekayasa dan hoak oleh warganet dengan akun Putri Sulung Dan Putra Bungsu.


Bahkan akun tersebut menyebutkan jika aksi pemuda di video dan foto tersebut sudah direncanakan dengan tujuan agar viral dan dapat uang. 

"Itu psti udh d rncna kn biar virall  llu dpt duit dan di bagi2x deh...
Yg tahun kmaren it scra kbtulan aj.
jd jgn d tiru,"komentar akun Putri Sulung Dan Putra Bungsu pada salah satu foto pemuda memanjat tiang bendera yang diposting warganet. (red)