google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Antisipasi ISPA, Dinkes Tebo Bagikan 60.000 Masker Kepada Masyarakat

Advertisement

Antisipasi ISPA, Dinkes Tebo Bagikan 60.000 Masker Kepada Masyarakat

Rabu, 21 Agustus 2019


PORTALTEBO.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Tebo, mulai membagikan masker gratis kepada masyarakat. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko kesehatan akibat kemarau panjang dan kabut asap.

Kepala Dinkes Tebo, dr.Riyana Elizabet mengatakan penyaluran atau pemberian masker ini digelar serentak di 20 Puskesmas yang ada di Kabupaten Tebo. "Ini perintah langsung dari bapak Bupati Tebo, Sukandar. Sebanyak 60.000 masker yang kita distribusikan kepada masyarakat,"kata dr Riana saat membagi-bagikan masker kepada pengguna jalan, Rabu (21/0/2019).


Untuk mengurangi kabut asap, dr Riana juga mengatakan jika bupati menghimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahan atau kebun. "Bupati juga minta kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan cara membatasi aktivitas fisik di luar rumah, gunakan masker saat beraktivitas di luar, perbanyak minum air putih dan jika ada keluhan segera ke fasilitas kesehatan terdekat, "ujarnya. 

dr Riana berkata jika dalam sebulan ini terjadi peningkatan kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Karena itu, dia minta kepada seluruh Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya kabut asap. 

"Saya minta juga kepala seluruh Puskesmas agar melaporkan kasus ISPA setiap minggu. Ini dilakukan agar kita bisa cepat mengambil tindakan yang diperlukan,"kata dia. (red)