google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Dandim 0416/Bute Turun Langsung Padamkan Api di Desa Suo-Suo

Advertisement

Dandim 0416/Bute Turun Langsung Padamkan Api di Desa Suo-Suo

Rabu, 14 Agustus 2019


PORTALTEBO.id – Dandim 0416/Bungo Tebo, Letkol Inf Wahyu Hadi Soenaryo, S.Sos, MM, turun langsung memadamkan api, bersama tim terpadu di Rt.19 jalan 26 Desa Suo-Suo, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Senin (12/08) kemarin.

Tampak Dandim bersama pos terpadu di Sanabu, Pemanyungan dan Manggaka Agni dam anggota Polres Tebo, berusaha memadamkan semua api yang sudah membakar lahan di wilayah tersebut. Tindakan itu untuk mengantisipasi agar tidak menyebar ke lahan yang lain.

Informasi diperoleh, api bersumber dari kebun milik pak Sarjono (49) warga Pasar Senin Rt 10 Lubuk Madrasah. Dengan luas lahan lebih kurang 2 hektare. Penyekatan dilakukan agar kebakaran tidak berdampak dengan kebun yang lain.

Dandim 0416/Bungo Tebo, Letkol Inf Wahyu Hadi Soenaryo dikonfrimasi membenarkan kejadian kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Sumay milik pak Sarjono.” Mendapat laporan tersebut kita langsung turun ke lokasi berusaha menyekat lokasi agar tidak menyebar ke lokasi yang lain,” kata Dandim Letkol Inf Wahyu H.S.

Dikatakan, pada musim puncak kemarau ini, kerap kali terjadi kebakaran hutan dan lahan oleh karena itu, seluruh masyarakat di himbau supaya tidak membakar sampah dan sejenisnya supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Karena kata Dandim, api tersebut bila masih kecil bisa jadi teman, akan tetapi bila sudah besar, itu menjadi musuh bahkan bisa menjadi malapetaka. Jadi sekali lagi, dihimbau, kepada seluruh warga agar lebih berhati-hati ketika membuang puntung rokok di lahan kering.

“Ingat ancaman pidana sudah jelas bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan. Selain itu, kondisi ini bisa mengganggu kesehatan kita. Jadi harus lebih peduli terjadap lingkungan sekitar kita, ” ucapnya.

Sebut Dandim, seluruh Koramil melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) sudah diprintahkan agar melaksanakan sosialisasi dan patroli setiap hari kensejumlah titik yang di aggap rawan karhutla. Dengan seperti itu, wilayah aman dari ancaman karhutla.

“Bersama tim, api bisa dipadamkan dengan alat alat yang sudah disiapkan. Jadi kepedulian dan kebersamaan bisa mengatasi segala masalah di setiap wilayah binaan masing-masing,”tegas Dandim. (red)