google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Koramil 416-05/Muara Tebo dan PT TI Tingkatan Sinergitas Antisipasi Karhutla

Advertisement

Koramil 416-05/Muara Tebo dan PT TI Tingkatan Sinergitas Antisipasi Karhutla

Rabu, 14 Agustus 2019


PORTALTEBO.id - Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Tebo, Koramil 416-05/Muara Tebo Kodim 0416/Bute dan PT Tebo Indah (TI) meningkatkan sinergitas.

Salah satu bentuk sinergitas ini, Koramil 4416-5/Muara Tebo bersama pimpinan dan karyawan PT TI membentuk Posko di Desa Teluk Pandak Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo.


Babinsa Teluk Pandak, Serda Dasiman mengatakan posko bersama tersebut meliputi Desa Teluk Pandak, Mangun jayo, Tengah Ulu, Aburan Batang Tebo dan Desa Sungai Alai.

"Kita komitmen, selama musim kemarau ini akan melakukan antisipasi Karhutla, "kata Serda Dasiman, Rabu (14/08/2019).


Antisipasi karhutla yang dilakukan jelas Serda Dasiman, diantaranya adalah melaksanakan patroli bersama personel TNI-Polri dan pihak PT TI. "Patroli kita laksanakan di wilayah atau titik-titik rawan karhutla, "katanya. 

Selain itu kata dia, tim gabungan ini juga intensif memberikan sosialisasi tentang dampak dan juga ancaman pidana yang akan dikenakan apabila melakukan tindakan pembakaran hutan dan lahan. "Sosialisasi ini kita sampaikan kepada masyarakat. Dengan alasan apapun membakar lahan dan hutan itu dilarang, "kata dia. 

Bila tetap melakukan pembakaran, lanjut Serda Dasiman, pelaku akan ancam sanksi pidana. "Pidananya berupa hukuman penjara 10 tahun dan denda 10 miliar. Itu sesuai Undang-undang RI Nomor 18 Tahun 2014,"kata dia. (red)