google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Latih Anggota Paskibraka Sambil Sosialisasi Karhutla

Advertisement

Latih Anggota Paskibraka Sambil Sosialisasi Karhutla

Rabu, 14 Agustus 2019


PORTALTEBO.id - Anggota Koramil 416-03/Sungai Bengkal Kodim 0416/Bungo Tebo selalu memiliki ide dan gagasan yang kreatif dalam menyelenggarakan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah binaan. 

Kali ini kegiatan sosialisasi Pencegahan Karhutla dilaksanakan oleh Babinsa Sertu Efekno dan Serda Jimmy Setiawan disela kegiatan Latihan Paskibra dengan siswa-siswi SMA Negeri sederajat jajaran Kec.Muara Tabir Kab.Tebo yang lolos seleksi Paskibraka untuk perwakilan persiapan HUT RI ke 74, Rabu (14/08/2019)

Tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan penyadartahuan kepada anggota paskibraka tentang bahaya karhutla dan kerugiaan yang diakibatkannya. Kegiatan ini membidik sebagai upaya dini mengubah pola pikir generasi muda sehingga menjadi agen perubahan pencegahan karhutla, sebagai Babinsa sekaligus Pelatih Paskibra Sertu Efekno dan Serda Jimmy Setiawan, memberikan motivasi kepada anggota paskibraka sehingga dapat berperan dalam upaya pengendalian karhutla.

Kegiatan Sosialisasi ini dimulai dengan arahan Sertu Efekno tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan dan ajakan untuk tidak mambakar hutan dan lahan. Dilanjutkan Serda Jimmy Setiawan mengajak para anggota paskibraka untuk berkomitmen menjadi pelopor untuk mengajak masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan di kemudian hari. Babinsa dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa ada beberapa isu yang diangkat dalam kegiatan ini seperti pentingnya penyelamatan lingkungan, penyelamatan satwa langka, bebas sampah, ectourism dan sebagainya.

ditempat terpisah Danramil 416-03/Sungai Bengkal Kapten Inf Sulasa Hadi menyampaikan bahwa program sosialisasi yang dilaksanakan Babinsanya adalah merupakan perintah pimpinan serta ini dirasakan sangat bermanfaat bagi para paskibra untuk merubah pola pikir masyarakat tentang membakar hutan dan lahan. Sebagai generasi penerus harus dibekali dengan pemahaman yang benar bagaimana mengelola hutan dan lahan Indonesia agar tetap lestari.

Danramil 416-03/Sungai Bengkal mengungkapkan bahwa pencegahan karhutla menjadi salah satu misi bentuk kepala TNI, Sebagai generasi muda terpilih banyak yang bisa dilakukan dalam upaya pencegahan karhutla, misalnya dengan melakukan sosialisasi kepada teman, keluarga, dan masyarakat, Tegas Kapten Inf Sulasa Hadi. (red)