google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 BPBD Sebut Lahan 7 Perusahaan di Tebo Ini Terbakar

Advertisement

BPBD Sebut Lahan 7 Perusahaan di Tebo Ini Terbakar

Senin, 23 September 2019

PORTALTEBO.id - Kabut asap yang menyelimuti wilayah Kabupaten Tebo kian hari semakin pekat dampak dari kebakaran hutan dan lahan. Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tebo menyebutkan sebagain areal lahan yang terbakar di Tebo merupakan milik perusahaan. Hal itu disampaikan Kepala BPBD Tebo melalui melalui Kabid Penanggulangan Bencana, Antoni Faksi, Senin (23/09/2019).

Dari catatan BPBD Tebo kata Antoni, data lahan perusahaan yang terbakar yakni PT. SKU, PT TMA. PT LAJ, PT MAKIN GROUP, PT ABT, PT. MEGA SAWINDO dan PT. WKS. "Banyak juga lahan masyarakat yang berbatasan langsung dengan lahan perusahaan yang terbakar, "ujar dia. 

Saat ini kata dia, petugas BPBD Tebo bersama Tim Satgas Karhutla dan pihak perusahaan ikut terlibat langsung dalam upaya antisipasi dan pemadaman api. "Kita juga dibantu oleh Masyarakat Peduli Api (MPA), "kata dia. 

Ditanya berapa luas lahan yang telah terbakar, Antoni berkata, "Kalau lahan yang terbakar sangat luas. Yang tahu luasanya Manggala Agni. Soalnya Manggala Agni yang melakukan Groundcheck,"katanya.

Diketahui, dari hasil pemantauan udara yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tebo hari ini, hasil sementara PM10= 506.8 ISPU 407 kategori berbahaya. (red)