-->

Menu Bawah

Iklan

FKH Tebo Gelar Talk Show Soal Pemanfaatan RTH Sport Center

14/10/19, 21:51 WIB Last Updated 2019-10-14T14:52:21Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Forum Komunitas Hijau (FKH) Tebo Kotaku menggelar diskusi santai atau talk show di panggung pertunjukan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Sport Center Tebo, Senin (14/10) malam ini. 

Talk show membahas tentang pemanfaatan RTH kedepan bagi komunitas ini, FKH Tebo menghadirkan narasumber yakni Kepala Satpol PP Tebo, Taufik Khaldy, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Ketenagakerjaan (Perindag Naker) Tebo, M. Soleh dan Kordinator FKH Tebo Kotaku, Robi Harja. 

Sementara, peserta talk show adalah para anak muda dan komunitas yang aktif beraktivitas di Kabupaten Tebo.

Pada materi yang pertama, peserta membahas soal penegakan Peraturan Daerah (Perda) khususnya Perda ternak. Pasalnya, RTH sangat rentan akan gangguan hewan ternak. "Ini Ruang Terbuka Hijau tentu banyak tanaman. Sementara, sampai saat ini banyak hewan ternak yang berkeliaran bebas. Kita tidak ingin gara-gara hewan ternak, RTH tempat kita berkreasi jadi rusak, "kata salah seorang peserta talk show. 

Menanggapi hal ini, Kasat Pol PP Tebo, Taufik Khaldy menjelaskan jika persoalan ternak terkendala dengan kesadaran si pemilik ternak. Pasalnya, dia telah berupaya seoptimal mungkin melakukan penertiban ternak yang berkeliaran di tempat-tempat umum. 

"Kita sudah sering melakukan razia. Ternak yang berkeliaran kita tangkap, pemiliknya kita panggil dan kita kasih pengarahan. Tapi beberapa hari kemudian, tetap saja masih ada ternak yang berkeliaran, " kata Taufik.

Jadi kata Taufik, selain upaya Satpol PP untuk menertibkan hewan ternak yang berkeliaran, yang paling utama adalah kesadaran dari pemilik ternak untuk mengkandangkan hewan ternak mereka. 

Selanjut, salah seorang peserta talk show menanyakan terkait terobosan pemerintah untuk memajukan ekonomi kreatif yang bisa diterapkan kepada pemuda dan para komumitas di Tebo. 

Menurut peserta itu, salah satu manfaat RTH atau taman Sport Center untuk meningkatkan ekonomi kreatif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. "Paling tidak disekitar RTH ini ada pendagang makanan dan kerajinan. Tentunya harus kita pikirkan dimana lokasinya dan seperti apa kemasannya,"katanya. 

Kadis Perindag Naker, M. Soleh menjelaskan jika pihaknya telah beberapa kali melaksanakan pelatihan bagi masyarakat khususnya pemuda. 

"Bahkan baru-baru ini kita mengirim puluhan peserta perempuan untuk mengikuti pelatiha di Padang, "kata dia. 

Tidak itu saja lanjut Soleh, saat ini di Tebo telah memiliki Rumah Krearif yang lokasinya di Dekranasda dekat Masjid Agung Al-Ittihad. Fungsinya kata dia, untuk mempromosikan prodak-prodak krearif masyarakat Tebo. 

"Jadi untuk kita siap mensuport hasil kreatifitas pemuda maupun kawan-kawan komunitas,"kata dia. 

Pantauan PORTALTEBO.id, hingga saat ini talk show masih terus berlanjut. Tampak peserta dan narasumber santai namun aktif berdiskusi. (red)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini