google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Penunjukan Kepala SMAN 3 Tebo Wewenang Kadis

Advertisement

Penunjukan Kepala SMAN 3 Tebo Wewenang Kadis

Kamis, 24 Oktober 2019

PORTALTEBO.id - Aksi unjuk rasa siswa SMAN 3 Kabupaten Tebo yang meminta kepala sekolahnya mundur dari jabatan, sudah terdengar oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Agus Herianto Rabu (23/10) mengatakan, pihaknya sudah mengutus tim ke SMAN 3 Tebo untuk mengklarifikasi kejadian tersebut.

Dia mengatakan, dari laporan sementara pada saat unjuk rasa, ada sejumlah tuntutan siswa dan guru sehingga memicu siswa untuk melakukan aksi unjuk rasa. Agus mengatakan, aspirasi yang disampaikan siswa adalah masalah tidak transparannya pengelolaan anggaran di SMAN 3 Tebo.

“Tim sudah turun ke Tebo, mereka sudah di sana sejak kemarin (Selasa, red). Dan saat ini sedang bekerja untuk mengklarifikasi, apakah laporan dan aspirasi siswa itu benar atau tidak,” katanya.

Menurutnya, kemungkinan satu atau dua hari ini, laporan dari tim sudah diterima olehnya. Jika memang tim merekomendasikan bahwa Kepala SMAN 3 Tebo tersebut harus diganti, maka harus diganti.

Berdasarkan informasi yang beredar, setelah aksi untuk rasa siswa SMAN 3 Tebo tersebut, kepala sekolah yang bersangkutan sudah langsung mengundurkan diri dari jabatan. Kemudian langsung juga menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) kepala sekolah yang menggantikannya.

Namun, menurut Agus, surat pengunduran diri kepala SMAN 3 Tebo tersebut belum diterimanya. Sehingga sampai saat ini, SMAN 3 Tebo masih dipimpin oleh kepala sekolah tersebut. Begitu juga dengan penunjukan Plt kepala sekolah, hanya boleh dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

“Tidak ada wewenang kepala sekolah tersebut untuk menunjuk Plt kepala sekolah setelah dirinya mundur. Yang berwenang adalah Kepala Dinas. Sampai saat ini, saya belum terima surat pengunduran diri Kepala SMAN 3 Tebo. Tapi belum dapat informasi, apakah suratnya sudah diberikan ke tim atau belum,” tandasnya. (red) 

Sumber artikel : jambi-independent.co.id