google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Kwarcab Tebo Baru Meloloskan 4 Orang Pramuka Garuda

Advertisement

Kwarcab Tebo Baru Meloloskan 4 Orang Pramuka Garuda

Senin, 11 November 2019

PORTALTEBO.id - Ketua Kwarcab Kabupaten Tebo, Nazar Efendi mengatakan saat ini Tebo baru mampu meloloskan 4 orang Pramuka Garuda. Ini disampaikan dia usai melantik Ketua dan pengurus Satuan Karya (Saka) pramuka Bakti Husada Kwartir Cabang (Kwarcab), Cabang Tebo untuk masa bhakti 2017-2022, di aula Melati Kantor Bupati Tebo, Senin (11/11/2019).

Seharusnya kata dia, setingkat Kabupaten Tebo mesti memiliki 30 orang Pramuka Garuda, "Standar untuk lolos Pramuka Garuda memang tinggi. Jadi kita baru bisa meloloskan 4 orang, "kata dia. 

Meski demikian, Nazar telah menyusun strategi agar jumlah Pramuka Garuda di Tebo terus bertambah. "Mudah-mudahan tahun berikutnya kita mampu mencapai target, yakni 30 orang Pramuka Garuda, "kata dia lagi. 

Agar target ini tercapai, Nazar menghimbau kepada seluruh pengurus Pramuka mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, hingga Pandeg agar lebih optimal melakukan pelatihan.

Dikutip dari laman wikipedia, Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda. 

Setelah mengajukan permohonan, Kwartir akan mengevaluasi peserta didik itu tentang kelayakan, baik dalam segi mental, ataupun sisi kelayakan persyaratan. Setelah dinilai cakap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda akan wawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat.

Setelah lulus tes wawancara dan tes kecakapan, seorang peserta didik akan dilantik menjadi Pramuka Garuda.

Pelantikan biasanya diselenggarakan bertepatan dengan hari yang bermakna khusus, baik bagi peserta didik tersebut ataupun bagi Gerakan Pramuka, semisal: hari ulang tahun atau Hari Pramuka. Pelantikan umumnya dihadiri oleh Tim Penguji, orang tua dan tokoh Pramuka. (red)