google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Serda Jimmi Setiawan Hadiri Musdes Penyusunan RKPDes

Advertisement

Serda Jimmi Setiawan Hadiri Musdes Penyusunan RKPDes

Selasa, 10 Desember 2019

PORTALTEBO.id - Bintara pembina desa atau biasa disingkat Babinsa memiliki peran penting menciptakan kondisi sosial yang baik di pedesaan.

Bertempat di Balai aula Desa Sungai Jernih Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo berlangsung Musyawarah Desa (Musdes) untuk penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2020, Serda Jimmi Setiawan selaku Babinsa juga hadir aparatur desa lainnya, giat ini juga melibatkan seluruh unsur masyarakat Desa Sungai Jernih, Selasa 10/12/19 .

Kegiatan ini diselenggarakan oleh BPD dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa sungai jernih (RKP Desa Tahun 2020) dihadiri Kades Harifno ketua BPD,Wakil Ketua, Tim pembinaan dan pengawasan pengelolaan Dana Desa Kecamatan, seluruh staf Desa, unsur lembaga kemasyarakatan desa, perwakilan kelompok usaha masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidik, perwakilan perempuan, serta perwakilan karang taruna.

Harifno selaku Kades sungai jernih dalam sambutannya mengajak kepada jajaran pemerintahan Desa sungai jernih tanpa kecuali untuk bisa mengikuti musyawarah dengan sebaik-baiknya.

Bahwa musyawarah Desa yang dilaksanakan dalam rangka Perencanaan Pembangunan Desa untuk penyusunan RKP Desa Tahun 2020, penyusunan perencanaan pembangunan Desa melalui Musyawarah Desa, serta berpedoman pada Peraturan Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa.

Pendamping Desa kecamatan Tebo Ilir dalam sambutannya menyampaikan peranan dan tugas nya dalam pelaksanaan Dana Desa, beliau juga berterimakasih terhadap jajaran pemerintahan desa dan tokoh masyarakat yang hadir serta melaksanakan perencanaan dana Desa dengan sebaik-baiknya.

dan menghimbau kepada masyarakat agar jangan menutup mata melihat kesalahan pemerintah Desa dalam pelaksanaan pembangunan Desa melalui dana Desa serta menyarankan kepada lapisan masyarkat Desa Jatiragashilir agar mendukung BUMDES yang akan berdiri untuk peningkatan ekonomi di Desa, Ungkapnya.

Selain itu juga beliau menyinggung terkait Pemberdayaan masyarakat juga penting untuk di prioritaskan sehingga visi Desa sungai jernih bisa terlaksana katanya.

Dalam kesempatan yang sama pemerintah Desa dalam hal ini sekretaris desa menyampaikan pencermatan RPJMDes sebagai dasar BPD merumuskan program-program yang akan di rencanakan untuk di tuangkan dalam berita acara sebagai dasar penyusunan rancangan RKPDes yang akan di verifikasi oleh tim perumus dan tim Penyusun.

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, seluruh peserta Musyawarah Desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penyusunan RKP Desa yaitu, menyepakati hasil Pencermatan RPJMDes dan usulan dari masing-masing masyarakat  dari hasil penjaringan penjaringan di tingkat Dusun yang akan dijadikan bahan masukan pada Musrenbangdes selanjutnya.

Melalui Musdes ini masyarakat bisa memberikan usulan sehingga mendapatkan kesepakatan dalam menentukan prioritas dalam melakukan pembangunan desa melalui dana desa (DD) maupun alokasi dana desa(ADD), Untuk tahun 2020 nanti insya Allah kita akan adakan pemerataan pembangunan didesa sesuai dengan prioritasnya,jelas Kades Harifno.

Selanjutnya, Babinsa Desa sungai jernih Serda Jimmi Setiawan mengajak kepada semua masyarakat mari sama-sama menjaga apa yang telah dibangun selama ini dari alokasi dana desa, untuk kepentingan kita bersama sehingga pembangunannya bisa bertahan lama.

Di tempat lain Danramil 416-03/Sungai Bengkal Kapten Inf Sulasa Hadi menjelaskan Hasil kesepakatan ini nantinya dalam pembangunannya akan kita kawal bersama 3 pilar desa, agar tidak terjadi penyalahgunaan anggaran, Ucap Danramil. (red)