google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Sosialisasi Pembinaan dan Pemberdayaan Ormas di Aula Melati Kantor Bupati Tebo

Advertisement

Sosialisasi Pembinaan dan Pemberdayaan Ormas di Aula Melati Kantor Bupati Tebo

Selasa, 03 Desember 2019

PORTALTEBO.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo melalui Kesbangpol Linmas menggelar Sosialisasi Pembinaan dan Pemberdayaan Organisasi Masyarakat di Kabupaten Tebo Tahun 2019.

Kegiatan bertema "Melalui Sosialisasi Fasilitasi Pembinaan Ormas Kita Tingkatkan Sinergitas Ormas Dengan Pemerintah Daerah " dilaksanakan di aula Melati kantor Bupati Tebo, Selasa (03/11/2019).

Pada kegiatan ini, Kesbangpol Linmas menghadirkan narasumber dari Kesbangpol Provinsi Jambi, Polres Tebo dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebo. 

Dalam materinya, Kepala Kesbangpol Provinsi Jambi melalui Kabid OKP dan LP Kesbangpol Provinsi Jambi, Beni Suriaman mengatakan lebih dari seribu lebih Ormas terdaftar di Kesbangpol Provinsi Jambi, sayangnya dari jumlah tersebut hanya 500 Ormas yang menyampaikan laporan,"Dari 500 Ormas yang menyampaikan laporan itu, cuma 9 Ormas yang memiliki SKT,"kata Beni.

Untuk antisipasi oknum atau Ormas yang tidak benar lanjut Beni, pemerintah telah membentuk Tim Terpadu (Timdu) yang bertugas mengawasi Ormas, "Timdu ini sudah dari tingkat provinsi hingga tingkat daerah, "kata dia. 

Biasanya kata dia, Ormas menjamur atau bermunculan disaat tahun politik. Meski demikian, dia menghimbau kepada pengurus Ormas agar melaporkan keberadaannya kepada Kesbangpol Provinsi. "Itu sesuai aturan dan undang-undang. Sebaiknya Ormas melaporkan keberadaannya dan melaporkan kegiatannya setiap bulan ke Kesbangpol, "ujarnya. 

Diketahui, pada kesempatan itu Kapolres Tebo melalui Kasat Bimas Polres Tebo menjabarkan status atau hubungan Ormas dengan pihak kepolisian. Sementara, Kajari Tebo menjelaskan tentang Tupoksi kejaksaan dalam menegakan hukum. Kegiatan ini diakhiri dengan dialog terbuka antara peserta dengan Narasumber. (red)