Menu Bawah

Iklan

Bupati Tebo, Sukandar Mendapat Gelar “Rajo Payung Alam”

27/01/20, 15:33 WIB Last Updated 2020-01-27T08:37:49Z
masukkan script iklan disini
PORTALTEBO.id - Bupati Tebo, Sukandar mendapat gelar Rajo Payung Alam. Gelar tersebut diberikan langsung oleh Temenggung Ngadap saat bupati beserta rombongan menghadiri acara Pesta Buah-Buahan Hutan dan Launcing Program Waris Pohon di kawasan hutan Suku Anak Dalam (SAD) kelompok Temenggung Ngadap, Sungkai Lubuk Dalam Desa Tanah Garo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo – Jambi, Minggu, 26 Januari 2020.

“Saya menambah jabatan bapak (bupati Tebo, Sukandar) yakni Rajo Gedong Payung Alam,” kata Temenggung Ngadap saat acara itu.

Temenggung Ngadap mengatakan, gelar tersebut diberikan karena Sukandar merupakan bupati yang pertama mengunjungi langsung ke hutan adat mereka. Tidak itu saja, Sukandar juga besedia menerima waris beberepa batang pohon di kawasan hutan tersebut untuk di jaga dan dirawat.

“Beliau adalah rajo yang memayungi rimbo kami. Dimana kami dengan kedatangan beliau, kami sebagai anak rimbo merasa sangat dilindungi dan kesenangan kami tidak berkurang lagi. Saya terima kasih bapak-bapak sudah sampai disini. Melihat anak-anak kami dalam rimbo kami,” kata Temenggung Ngadap lagi.
Selain tempat hidup dan berkehidupan kata Temenggung lagi, rimbo (hutan) merupakan tempat kesenangan bagi mereka,” Kalua rimbo sudah menjadi sawit, lebih baik bapak-bapak membunuh kami yang ada disini. Sebab tidak ada lagi tempat kami hidup dan berkehidupan, dan tidak ada lagi tempat kami bersenang-senang,” katanya.

Kedatangan Rajo Payung Alam beserta rombongan hari ini, kata Temenggung Ngadap, merupakan kehormatan bagi dia dan warga SAD,“ Sekarang kami tidur sampai nyenyak makan sampai kenyang, karena bapak rajo sudah sampai di sini di hutan adat kami. Kami minta, tolong bapak rajo jaga dan lindungi hutan adat kami ini. Inilah hutan yang natinya tempat hidup anak cucu kami,” kata Temenggung Ngadap lagi.

Bupati Tebo, Sukandar mengucapkan terimakasih kepada SAD yang telah memberikan gelar Rajo Payug Alam kepada dirinya,” Mari kita jaga sama-sama hutan ini. Hutan inilah yang nantinya kita wariskan kepada anak dan cucu kita,” kata Sukandar. (orik/red)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini