Menu Bawah

Iklan

Kejari Tebo Musnahkan Barang Bukti Tindak Kejahatan

14/01/20, 12:10 WIB Last Updated 2020-01-14T05:11:05Z
masukkan script iklan disini
PORTALTEBO.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebo memusnakan barang bukti (BB) hasil ungkap kasus selama Juli hingga Desember 2019. 

Barang bukti yang dimuskan terdiri dari narkotika, senjata api (senpi) beserta amunisi, senjata tajam (sajam) dan minuman keras (miras).

Pemusnahan dengan cara dibakar, dipotong dan dihancurkan tersebut dilakukan di halaman kantor Kejari Tebo, KM.12 komplek perkantoran Pemkab Tebo, Selasa (14/1/2020).

"Alhamdulillah kita hari ini telah memusnahkan barang bukti dari hasil ungkap kasus selama enam bulan terakhir. Seluruhnya BB yang kita musnahkan pada kasus yang telah ingkrah," kata Kajari Tebo melalui Kasi Pidum, Yoyok Adi Saputra, SH, MH, kepada wartawan.

Dia menjelaskan, pemusnahan BB ini dilakukan berdasarkan surat perintah Kepala Kejari Tebo yang pada pokoknya agar BB tersebut dirampas untuk dimusnahkan. 

"BB yang dimusnahkan dari 23 perkara Pidum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap atau ingkrah," kata Yoyok. 

Dibeberkan dia, BB yang dimusnahkan diantaranya uang palsu, narkotika golongan I dan BB lunak lainnya, "Ini dimusnahkan dengan cara dibakar, "katanya. 

Terhadap BB senjata api laras panjang, amunisi, senjata tajam serta BB padat lainnya dimusnahkan dengan cara dipotong dengan mengunakan mesin potong. "Dipitong hingga tidak bisa lagi digunakan untuk alat instrumen dalam melaksanakan tindak pidana, "ujar dia. 

Selain itu kata Yoyok, ada juga sejumlah BB minuman keras yang dimusnahkan dengan cara dibuang cairannya dan botolnya dihancurkan atau dipecah. "Alhamdulillah, semua berjalan aman dan lancar, "kata Yoyok lagi. 

Tampak hadir pada pemusnahan BB tersebut, Kapolres Tebo AKBP Zainal Arrahman beserta jajaran, Dandim 0416/Bute yang diwakili Danramil 416-05/Muara Tebo Kpt Inf Zulkarnaini.

"Rangkaian acara semuanya berjalan dengan lancar dan aman. Semua BB telah kita musnahkan bersama-sama," pungkasnya. (red)


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini