google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 Polisi Selidiki Kayu Olahan Yang Ditemukan di Desa Pemayongan

Advertisement

Polisi Selidiki Kayu Olahan Yang Ditemukan di Desa Pemayongan

Rabu, 15 Januari 2020

PORTALTEBO.id - Sebanyak 86 batang kayu olahan berbagai ukuran yang ditemukan oleh tim gabungan yakni patroli pengamanan PT Alam Bukit Tigapuluh (ABT), dan aparat keamanan pada Senin (13/1) lalu saat ini tengah dilakukan penyidikan oleh kepolisian dari Polsek Sumay. 

Barang bukti berupa kayu olahan yang ditemukan di blok 2 PT ABT, Desa Sungai Bulan Pemayungan Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, diduga merupakan praktik ilegal logging yang dilakukan oleh oknum.

Humas PT ABT Nety saat dimintai keterangan seperti apa tindak lanjut temuan kayu tersebut mengatakan, saat ini kasusnya sudah diserahkan oleh pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Sumay. Pasalnya baik penyelidikan, penyidikan maupun penindakan itu adalah tanahnya aparat," Informasinya tengah dilakukan penyidikan oleh Polsek Sumay. Kita sebatas memberikan laporan dan informasi, kalau untuk penindakan ada ranahnya yakni aparat," jelas Nety.

Nety juga mengatakan, jika kegiatan praktik ilegal logging di Blok II tersebut sudah bukan rahasia umum lagi. Pasalnya jika pihak PT. ABT menemukan adanya kegiatan keluar masuk mobilisasi pengangkut kayu hanya sebatas melaporkan saja.

"Kita tidak bisa menindak, atau menangkap mereka (sopir_red). paling hanya ambil foto terus mendata lalu melaporkan," sebut Nely.

Ditanya idetifikasi kepemilikan barang bukti berupa kayu bulat yang ditemukan kemarin, dirinya bilang belum menerima keterangan valid siapa pemilik kayu tersebut. Sebab saat ini kasus temuan kayu olahan itu tengah ditangani oleh aparat kepolisian. "Yang jelas seperti apa perkembangan dan kelanjutannya pasti kita informasikan. Tapi kalau sekarang memang belum," ujarnya. 

Untuk diketahui jumlah kayu yang ditemukan oleh tim patroli pengamanan PT ABT pada Senin lalu seluruhnya berjumlah 86 batang kayu olahan diantaranya sebanyak 56 batang ukuran 5cmx10cmx 200cm dan 30 batang berukuran 5cmx10cmx400cm. Saat ini sudah dilakukan evakuasi oleh tim pengamanan bersama anggota Kodim dan Polsek Sumay. (red)