google-site-verification=dwhumxho11lF8qf4pJiXSK3sIBkhfcmSWtJ8AJGJ7x4 PT WKS Diduga Kembali Gusur Kebun Sawit SAD di Sungai Ibul

Advertisement

PT WKS Diduga Kembali Gusur Kebun Sawit SAD di Sungai Ibul

Jumat, 10 Januari 2020

PORTALTEBO.id - Kebun sawit warga Suku Anak Dalam (SAD) di Sungai Ibul, Desa Sungai Paur, Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) kembali digusur. Pelaku pengusuran ini diduga dilakukan oleh pihak PT Wira Sakti Karya (WKS) dengan mengunakan alat berat. Ini dikatakan langsung oleh Temenggung Tupang Besak, Jumat (10/01/2020).

"Ini sudah yang ke 3 kalinya. Kemarin kebun sawit yang masih kecil-kecil digusur. Sekarang sawit yang sudah berbuah dan sudah panen yang digusur, "kata Tupang. 

Dijelaskan Tupang, saat ini sudah sekitar 10 Ha lebih kebun sawit garapan warganya itu digusur pihak PT WKS. "Begitu digusur langsung ditanami akasia. Yang tidak ada tanaman sawitnya malah tidak digusur, "kata dia. 

Saat ini kata Tupang, warga SAD kelompok dia dan kelompok Temenggung Bujang Itam sudah mulai resah. Pasalnya, kebun sawit yang telah mereka tanam dan sudah menghasilkan itu adalah tumpuan hidup mereka. "Warga sudah mulai emosi,"ujarnya. 

Untuk itu, Tupang minta kepada pihak PT WKS agar menghentikan pengusuran lahan milik kelompok dia dan kelompok Bujang Itam. "Jangan sampai terjadi hal yang sama-sama tidak kita inginkan. Tolong pihak perusahaan jangan lagi gusur kebun kami. Rumah kami sudah dibakar, kebun kami sebagian sudah dirusuk. Sekarang malah digusur, "kata dia mengakhiri. (red)