-->

Menu Bawah

Iklan

Kapolres Tebo Beri Edukasi Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Portal Tebo
26/03/20, 15:58 WIB Last Updated 2020-03-26T08:58:07Z
masukkan script iklan disini
PORTALTEBO.id - Di tengah kepanikan akan wabah corona, meningkatkan imun tubuh menjadi hal yang penting untuk menjaga pertahanan tubuh kita dari hantaman virus corona. Banyak berbagai kalangan baik dari Pakal Ahli hingga kedokteran membangikan berbagai ragam bentuk tips dan cara untuk menguatkan Imunitas atau sering dikenal daya tahan Tubuh.

Hal ini juga mejadi perhatian penuh Kapolres Tebo AKBP Abdul Hafidz, S.I.K, M.SI yang ingin berbagi tips dan edukasi cara meningkatkan imunitas tubuh. Kegiatan edukasi ini langsung ia berikan kepada seluruh personilnya yang digelar di halaman Mako Polres Tebo, Kamis (26/3/2020).

Dihadapan personilnya, Kapolres Tebo membagikan gerakan dasar untuk memperkuat imun, dengan totok kelenjar timus. Fokusnya adalah menstimulus kelenjar timus dengan gerakan sederhana seperti menotok (mengetuk) di area kelenjar timus. Salah satu tugas penting kelenjar timus bagi kesehatan adalah memproduksi sel darah putih yang disebut limfosit-T atau sel T.

Sel tersebut merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan sel kanker dan mikro-organisme penyebab infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

“Saya akan membahas mengenai cara mudah meningkatkan imun sistem dalam menghadapi virus corona. Beberapa cara menjaga imun kita tetap bagus dan melawan virus, seperti makan makanan bernutrisi, istirahat malam yang cukup dan memastikan hati tenang, damai dan bahagia,” ujar Kapolres saat memberikan arahan.

Selain itu, Kapolres juga menyarankan kepada anggotanya agar bisa mengontrol hati dengan mengurangi pemikiran-pemikiran cemas atau lainnya yang dapat menyebebakan strees.

"Selain olahraga ringan dan cara tips yang akan saya sampaikan ini kalian juga jangan cemas berlebihan yang nantinya bisa stress dan mengakibatkan daya tahan tubuh lenah.

Selanjutnya  masuk ke sesi tutorial, ia menyebut meningkatkan sistem imun dengan menstimulasi titik meridien dan kelenjar timus sangatlah berpengaruh.

Yang pertama adalah, di sini ada kelenjar timus yang berhubungan dengan kelenjar imun kita. Teman-teman menggunakan 3 jari seperti ini lalu diketuk seperti ini, sambil Anda menarik napas panjang dan menghembuskannya,” ujar Kapolres sambil mempraktekkan langsung di depan anggotanya.

Ia pun terlihat menghembuskan napas beberapa kali sambil melakukan ketukan pada area dada. Pihaknya minta agar anggota dapat melakukanya selama 5 menit.

"Ini bisa dilakukan dimana saja, saat santai selesai tugas atau saat tiduran, Lebih bagus lakukan sesering mungkin,"sebut Kapolres.

Lanjut tips kedua, Kapolres Tebo menjelaskan cara kedua bisa dengan menggosokan telapak tangan hingga terasa hangat dan panas.



"Setelah panas, gosokkan telapak tangan tersebut ke daerah rongga dada bagian dari kelenjar timus. Gosok hingga tersasa panas,"jelas Kapolres.

Kegiatan ini pun dilakukan selama 15 menit ditambah arahan beberapa dari Kapolres Tebo kepada personilnya khususnya dalam menjaga kesehatan diri.

"Tetap jaga kondisi badan dengan suplai makanan bervitamin C dan E agar benar-benar terjaga dengan baik,"pungkas Kapolres. (red) 


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini