Menu Bawah

Iklan

Ratusan Hektar Sawah di Desa Betung Berdarah Timur Terendam Banjir

Portal Tebo
30/04/20, 20:01 WIB Last Updated 2020-04-30T15:52:43Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Ketabahan petani padi di Desa Betung Berdarah Timur, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, separtinya sangat diuji. Pasalnya ditengah pandemik Corona atau COVID-19 saat ini, ratusan hektar sawah yang telah mereka garap terendam banjir. Akibatnya, benih padi yang telah ditanam terancam fuso (gagal panen).

"Hampir setiap hari turun hujan. Ini yang membuat sawah kami terendam banjir," kata Asnawi, salah seorang petani di desa itu.

Dia menjelaskan, ada sekitar 700 Ha sawah di desanya yang telah digarap dan sebagain besar telah ditanami padi. 

Selama ini kata dia, hasil sawah tersebut sangat diandalkan oleh petani untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. 

Akan tetapi lanjut dia, harapan petani bisa menikmati hasil sawah tersebut sirna sudah," padi yang telah kami tanam terancam gagal karena terendam banjir," katanya. 

Duakui Asnawi, selain hasil sawah, para petani juga mengandalkan hidup dari hasil kabun karet.

Namun kata dia, saat ini harga getah karet sudah tidak bisa diandalkan," Harga karet terus turun. Hari ini saja harganya cuma Rp4800 per kilo," keluhanya. 

Asnawi berharap banjir yang merendam sawah petani segera menyurut agar mereka bisa kembali turun ke sawah. Dia juga berharap kepada pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa bisa memperhatikan kondisi para petani di desanya.

"Saya dengar dalam waktu dekat ini ada penyaluran bantuan Corona atau Covid-19 dari pemerintah untuk masyarakat. Mudah-mudahan bantuan tersebut tepat sasaran dan para petani disini bisa menerima bantuan itu. Paling tidak bantuan tersebut bisa meringankan beban petani," pungkasnya. (red/hta) 
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini