-->

Menu Bawah

Iklan

Penyaluran Dana BLT Corona Provinsi Jambi Merujuk Surat Edaran KPK

Portal Tebo
08/05/20, 18:50 WIB Last Updated 2020-05-08T11:50:06Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Pemerintah Provinsi Jambi hari ini, Jum’at (8/5) menyampaikan pengalokasian dana untuk bantuan Jaring Pengamanan Sosial (JPS) Covid-19 di Provinsi Jambi.

Selain menyampaikan jumlah kuota bantuan sosial untuk 30 ribu keluarga, Pj Sekretaris Daerah sekaligus Ketua tim gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi juga menyampaikan bahwa penyaluran dana tersebut mengacu surat edaran komisi pemberantasan korupsi (KPK). 

“Kuota sebanyak 30 ribu itu bersifat mengikat sementara alokasi masing-masing Kabupaten/Kota masih bersifat dinamis bergantung kepada kondisi lapangan dan prinsip kehati-hatian serta akuntabilitas hal ini sesuai dengan Surat Edaran KPK Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Data non DTKS dalam Pemberian Bantuan Sosial ke Masyarakat” Ujar Sudirman, Pj Sekda Provinsi Jambi.

Menurutnya, Kuota 30 ribu KK tersebut sudah berdasarkan pertimbangan resiko terjadinya tumpang tindih, double counting dan ketidaktepatan sasaran bansos akibat keberagaman sumber bansos yang berasal dari APBN, APBD II, CSR, Swasta, Parpol, Perorangan dan sebagainya. 

Juga berdasar perhitungan rasio penduduk miskin tiap Kab/Kota dan sektor-sektor lapangan usaha di Kab/Kota dan jumlah tenaga kerja yang mungkin terdampak secara langsung maupun tidak langsung serta perhitungan prognosis atas dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi Kab/Kota tahun ini.

Sementara rincian kuota bantuan JPS Covid-19 provinsi Jambi di tiap kab/kota yaitu pada kab. Kerinci untuk 2.438 rumah tangga. Kab.Merangin 3.633 rumah tangga, Kab.Sarolangun 3.131 rumah tangga, Batanghari 3.371 rumah tangga, Muaro Jambi 3.632 rumah tangga, Tanjung Jabung Timur 2.500 rumah tangga, Tanjung Jabung Barat 3.523 rumah tangga, Bungo 2.036 rumah tangga, Tebo 1.711 rumah tangga, Kota Jambi 3.012 rumah tangga, dan Kota Sungai Penuh sebanyak 1.013 rumah tangga.

“Penetapan alokasi keluarga penerima bantuan untuk Kab/Kota itu telah dilaksanakan secara cermat dan teliti. Pemerintah Provinsi Jambi bekerjasama dengan seluruh Pemerintah Kab/Kota dan telah menetapkan kuota secara keseluruhan untuk 30 ribu rumah tangga calon penerima bantuan. ”ujarnya menegaskan.

Menurutnya besaran bantuan JPS dari provinsi jambi ini adalah Rp600 perbulan untuk tiap rumah tangga penerima yang akan diberikan selama tiga bulan terhitung bulan Mei, Juni, dan Juli tahun ini.

“Rincian BLT Rp600 ribu ini terdiri untuk bantuan sembako sebesar Rp350 ribu yang akan diberikan langsung kepada Masyarakat dan bantuan uang tunai senilai Rp250 ribu yang akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia”ujar Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Prov. Jambi tersebut. 

Namun begitu menurutnya calon penerima bantuan di tingkat kab/kota sebagaimana telah dialokasikan oleh provinsi ini akan ditetapkan oleh keputusan kepala daerahnya masing-masing. 

“Untuk itu diharapkan kerjasama seluruh pihak agar seluruh tahapan dan proses pendistibusian dapat berjalan tertib dan lancar”Pungkasnya. (red) 
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini