-->

Menu Bawah

Iklan

Sempat Viral, Video Demo Warga Desa Rantau Kembang Soal Penerima BLT DD

Portal Tebo
12/05/20, 14:12 WIB Last Updated 2020-05-12T07:12:39Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Munculnya Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap warga yang terdampak, menjadi persoalan baru bagi desa yang mengelolanya. Salah satunya adalah munculnya tudingan ketidak Adilan dan tidak tepat sasaran alokasi BLT DD.


Dikutip dari laman teboonline.id, ini terjadi di desa Rantau Kembang Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, diduga karena Pemdes tidak tepat sasaran dalam pendataan penerima BLT DD, memicu warga setempat melakukan aksi demo di kantor desa Rantau Kembang pada Senin kemarin (11/05/2020). Belasan warga tersebut kemudian diterima oleh Kades Rantau Kembang dan Ketua BPD untuk mediasi di dalam kantor desa.



Aksi demo BLT tersebut pun viral setelah diunggah di You Tube oleh You Tuber  Dandy 16 dengan rekaman video berdurasi 56.46 menit pada Senin kemarin (11/05/2020) dengan judul DEMO Warga Desa Rantau Kembang.


Pada rekaman tersebut, warga dan Kades beradu argumen tentang data penerima BLT. Salah saorang warga yang hadir pada saat itu mengungkapkan bahwa ada salah satu Ketua RT setempat mendata beberapa warganya untuk diajukan sebagai calon penerima BLT. Warga yang didata tersebut ekonominya memang benar - benar dibawah.


Namun, setelah keluar data BLT dan sudah diserahkan kepada warga penerima dalam wilayah RT tersebut, warga yang menerima BLT bukanlah warga yang didata oleh Ketua RT tersebut. Tapi melainkan nama warga lain yang tidak didata oleh Ketua RT tersebut.


Kebanyakan warga yang mendapatkan BLT DD di desa Rantau Kembang, adalah warga yang ekonominya sedang. Sedangkan yang ekonominya dibawah itu, banyak yang tidak menerima BLT atau pun bantuan Pemerintah lainnya.


Sementara, Kades Rantau Kembang Kumedi pada pertemuan tersebut kepada warga mengatakan agar warga jangan mau diadu domba oleh RT dan Kades meminta warga untuk menghadirkan Ketu RT tersebut, namun warga menolak permintaan Kades tersebut untuk menghadirkan Ketua RT.


Aksi demo warga ini, berlanjut pada mediasi yang digelar pada hari ini, Selasa (12/05/2020) di kantor desa Rantau Kembang dengan dihadiri Camat Rimbo Ilir, Danramil Rimbo Bujang, Polsek Rimbo Ilir dan warga yang kemarin melakukan aksi demo.



Pada mediasi tersebut, akhirnya terungkap bahwa ada beberapa Perangkat Desa masuk dalam daftar penerima BLT DD desa Rantau Kembang dan sudah menerimanya. Pada kesempatan itu, Camat Rimbo Ilir Rinto meminta kepada Kades Rantau Kembang agar segera menyelesaikan persoalan tersebut.


Terkait video warga desa Rantau Kembang demo Kades tersebut yang viral di You Tube, pada Selasa ini, dihapus oleh pemilik akun yang mengunggahnya. (red) 


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini