-->

Menu Bawah

Iklan

Dam di Desa Pagar Puding Jebol, Camat Tebo Ulu : Harus Direkonstruksi

20/06/20, 13:09 WIB Last Updated 2020-06-20T06:09:50Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Hujan deras beberapa waktu yang lalu menyisakan puing-puing reruntuhan bangunan Dam di Desa Pagar Puding Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo. Akibatnya, petani di desa tersebut kesulitan air untuk mengaliri sawah mereka. 

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa Pagar Puding, Azwan," Iya benar, kejadiannya sebelum bulan puaso kemaren akibat hujan lebat," kata dia dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp. 

Atas kondisi ini, Kades mengaku jika dia telah menyarani ketua kelompok tani agar menyurati dinas terkait. Namun hingga saat ini dirinya belum mendapat informasi dari kelompok tani aapakah telah menyurati dinas terkait atau belum. 

Kades juga mengaku jika beberapa hari lalu Camat Tebo Ulu telah turun ke lokasi mengecek kondisi Dam tersebut. 

"Yang jelas aktifitas pertanian khususnya sawah di area itu belum bisa digarap karena terkendala air," katanya. 

Hal ini dibenarkan oleh Camat Tebo Ulu, Syarfandi. Dia menjelaskan jika kondisi dam tersebut rusak parah. Dia minta kepada Pemkab Tebo agar segera melakukan rekonstruksi terhadap Dam tersebut," Kemarin saya didampingi BPD, perangkat desa dan tokoh masyarakat telah kelokasi Dam. Kondisnya sudah rusak parah, tidak mungkin bisa direhap, harus direkonstruksi," kata Camat. 

Camat menjelaskan jika pondasi dasar Dam tersebut sudah rusak bahkan banyak yang jebol. Banyak patahan-patahan dinding yang runtuh, posisi bangunan miring  dan memang harus di rekonstruksi dan tidak mungkin lagi untuk direhab.

Saat ini lanjut Camat, melalui surat resmi yang diketahui oleh Camat, pihak desa sudah mengusulkan rekonstruksi Dam tersebut kepada Bupati Tebo.

"Saya juga akan mengagendakan bersama pihak desa untuk langsung menghadap Pak Bupati. Untuk memberikan keterangan maupun klarifikasi tentang kondisi real dilapangan," katanya. 

Runtuhnya Dam di Desa Pagar Puding ini juga dibenarkan oleh Kabid Pengairan Dinas PUPR Tebo, Roni ST.MT. Dijelaskan dia jika Dam tersebut dibangun sekitar tahun 2004 lalu. 

"Iya, saya sudah mendapatkan informasi dari warga disana jika Dam di desa mereka runtuh, namun saya belum mendapat laporan resmi dari pihak desa," katanya.

Roni juga mengaku telah mengetahui prihal pihak desa dan diketahui Camat Tebo Ulu bakal menyurati Bupati terkait runtuhnya Dam tersebut," tetapi perkembangan informasi selanjutnya mengenai surat tesebut saya tidak tahu," pungkasnya. (red/wan)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

NEWS

+